Manfaat Red Wine Spa, Bisa Cegah Penuaan Dini pada Kulit

Sebagai minuman, anggur merah (red wine) memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan sistem imun tubuh, dan mencegah pengeroposan tulang. Namun, belum banyak yang tahu kalau anggur merah juga memiliki manfaat kecantikan. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Memperlambat penuaan kulit

Kandungan antioksidan seperti resveratrol, tanin, dan flavonoid dalam anggur merah dapat mengembalikan kolagen dan memperbaiki elastisitas kulit. Dengan demikian, anggur merah dapat membantu melawan penuaan dini pada kulit, selain mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus.

Facial anggur adalah rahasia kecantikan untuk meremajakan kulit yang lelah dan kusam, serta membuatnya tampak lebih bercahaya. Untuk membuatnya, kamu bisa membuat campuran anggur merah, rosehip, stroberi, anggur, dan minyak esensial. Oleskan ke wajah, lalu lakukan pijatan ringan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Opsi lainnya, kamu bisa mencampurnya dengan yoghurt dan madu, lalu oleskan pada wajah sampai kering selama 15-20 menit. Usap dengan kain lembap, lalu bilas dengan air sampai bersih. Hindari menggosok wajah dengan keras untuk mencegah ruam kulit. Ulangi proses ini setelah dua minggu untuk mendapatkan kulit yang alami dan bercahaya.

  1. Mencegah jerawat

Bakteri penyebab jerawat dapat merusak kulit, meninggalkan bekas luka dan noda pada wajah. Krim kulit biasa akan sulit mencegah jerawat datang kembali, sementara obat OTC juga memiliki efek samping.

Mengoleskan anggur merah pada wajah dapat membantu membersihkan jerawat dan menghindari datangnya jerawat di kemudian hari. Caranya, basahi bola kapas dengan anggur merah, lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit.

  1. Mengatasi kulit terbakar matahari

Meskipun anggur merah tidak pernah bisa menggantikan tabir surya, anggur merah dapat membantu mengatasi kulit terbakar matahari. Asam amino dan antioksidan dalam anggur merah dapat membentuk penghalang alami dan melindungi kulit dari sinar UV.

Caranya, celupkan cotton swab ke dalam anggur merah, lalu oleskan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Hal ini dapat membantu menenangkan kulit dan menyembuhkannya.

  1. Membuat rambut berkilau

Anggur merah dapat membantu mencegah rambut rontok dan ketombe yang mengganggu, selain meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Caranya, bilas rambut setelah keramas dengan sampo, kemudian gunakan anggur merah sebagai kondisioner. Hal ini akan membantu mengembalikan volume rambut dan membuatnya berkilau dalam waktu singkat.

Setelah mengoleskan anggur merah pada rambut yang basah, biarkan sampai 10 menit hingga meresap, sebelum dibilas hingga bersih. Penggunaan anggur merah secara rutin dapat membantu meremajakan rambut dan mengatasi kerontokan.

Selain melakukan red wine spa di rumah, kamu juga bisa melakukannya di tempat spa. Di Bali, misalnya, kamu bisa mengunjungi Lluvia Spa yang menyediakan red wine spa dengan tarif Rp980.000 untuk dua jam. Biaya tersebut sudah termasuk red wine body mask, aromatherapy body massage, grape body mask, dan wine flower bath.

Bali Orchid Spa juga menyediakan perawatan serupa dengan biaya Rp1,3 juta untuk durasi dua jam, sudah termasuk red wine body rub, pijat Bali, green tea body scrub, dan wine flower bath. Sementara The Trans Spa di The Trans Resort Bali menawarkan paket Wine Elixir yang sudah termasuk pijat, scub, hingga berendam dalam anggur.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here