Bukit Kasih Kanonang, Cerminan Toleransi Antarumat Beragama di Minahasa

Bukit Kasih di Desa Kanonang, Kawangkoan Barat, merupakan salah satu destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi selagi berwisata di Sulawesi Utara. Bukit belerang yang masih alami ini dibangun pada 2002 sebagai kompleks wisata religi dengan keberadaan rumah-rumah ibadah.

Dinamakan Bukit Kasih karena di sinilah masyarakat dari berbagai latar agama dapat berkumpul dan beribadah bersama-sama di lingkungan yang asri. Tak heran bila tempat wisata ini juga menjadi simbol kerukunan dan toleransi antarumat beragama di Minahasa.

Setelah membayar tiket seharga Rp10 ribu dan memasuki kompleks Bukit Kasih, kamu akan disambut oleh monumen setinggi 22 meter yang dinamai Tugu Toleransi. Berbentuk segilima dengan puncak berupa patung bola dunia yang dihinggapi merpati sebagai simbol perdamaian, di setiap sisinya terdapat pesan tentang ajaran kasih sayang dari kitab suci setiap agama.

Dari monumen tersebut, kamu bisa menuju deretan rumah ibadah yang letaknya berdekatan, dari gereja Katolik di sisi paling kiri, diikuti oleh wihara, pura, masjid, dan gereja Kristen.

Di sini pula terdapat gazebo untuk tempat beristirahat dan berteduh dari teriknya sinar matahari. Kamu bisa melepas lelah sejenak di sini sambil mengisi perut, sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak berikutnya.

Ada dua rute untuk menuju puncak, yakni sisi kanan yang merupakan jalan salib dengan jalur berupa anak-anak tangga yang curam dan lumayan menguras tenaga untuk didaki. Opsi lainnya, ambil jalur di sisi kiri yang lebih landai.

Di sepanjang perjalanan, kamu bisa melihat deretan rumah ibadah tersebut dari ketinggian, selain juga Patung Toar-Lumimuut di kejauhan. Kalau tak kuat, kamu bisa sesekali berhenti untuk mengatur napas, sebelum kembali mendaki ke puncak.

Foto: Dok. Google Maps/Oryza Tarigan

Sesampainya di puncak, kamu bisa menjumpai salib putih raksasa setinggi 53 meter, yang saking tingginya konon dapat terlihat dari kawasan Boulevard di Manado. Di sini jugalah wisatawan kerap berfoto dengan latar pemandangan alam yang menawan. Perjuangan mencapai puncak bukit pun serasa terbayar ketika melihat panorama dari ketinggian.

Untuk menuju Bukit Kasih, kamu bisa berkendara selama dua jam dari Manado dengan rute melalui Tomohon. Karena itu, kamu bisa sekalian ke Tomohon dalam perjalanan pergi atau pulang menuju Bukit Kasih.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here