Oleh-oleh Unik Khas Lombok, Wajib Dibeli Sebelum Pulang!

Setiap pulang bepergian dari liburan, selalu ada saja oleh-oleh yang wajib dibeli, entah untuk dinikmati sendiri atau dibagikan ke orang-orang terdekat. Bila tak yakin ingin membeli apa, berikut ini kami rangkumkan rekomendasi oleh-oleh yang wajib dibeli sebelum pulang dari Lombok.

1. Kain Tenun

Selesai melihat-lihat Desa Sade di Lombok Tengah, mampirlah di salah satu toko untuk mengobrol dengan para pengrajin dan tawar-menawar kain. Tentu saja bila melihat sendiri kerumitan pembuatan kain, biasanya kita malah tidak tega menawar. Dibuat dengan pewarna alami dan tanpa bantuan mesin, harga kainnya beragam, dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung bahan, motif, dan tingkat kesulitan pembuatannya.

Opsi lainnya, kamu bisa membeli kain di Desa Sukarara, Lombok Tengah, atau di desa-desa wisata lain yang kamu kunjungi selama berlibur di Lombok. Selain tenun ikat, biasanya tersedia pula songket dengan benang emas dan perak yang cantik berkilauan.

2. Dodol Rumput Laut

Tak cuma Garut yang terkenal dengan produk dodolnya. Di Lombok, dodol rumput laut selalu menjadi ikon oleh-oleh yang disukai wisatawan lokal maupun internasional. Produk ini banyak dijual di kios oleh-oleh yang tersebar di Cakranegara, Sweta, atau Karang Bedil.

3. Mutiara

Lombok terkenal dengan peternakan mutiara air tawarnya. Setelah dipanen, mutiara-mutiara berwarna putih dan hitam ini dibuat gelang, kalung, dan cincin. Toko perhiasan mutiara dapat dengan mudah dijumpai di sejumlah pusat perbelanjaan di Lombok.

4. Susu Kuda Liar

Meski berasal dari Sumbawa, produk ini juga termasuk salah satunya yang wajib dibeli saat mengunjungi Lombok. Susu yang dibuat tanpa campuran kimia ini terkenal untuk menjaga stamina dan kesehatan.

5. Madu

Selain susu kuda liar, madu yang juga merupakan produk Sumbawa kerap diincar wisatawan karena kualitasnya yang baik. Madu Sumbawa yang berwarna putih dan kuning kecokelatan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan stamina, mencegah kanker, serta mengobati batuk dan radang tenggorokan.

6. Gerabah

Lombok memiliki sejumlah pusat pengrajin gerabah, termasuk di Desa Banyumulek, Lombok Barat; Desa Penujak, Lombok Tengah; dan Desa Masbagik, Lombok Timur. Tak perlu khawatir harus membawa sendiri gerabah yang dibeli karena pengrajin juga memiliki layanan untuk pengiriman ke seluruh Indonesia maupun penjuru dunia.

 Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here