4 Aplikasi Yoga Gratis untuk Pemula, Biar Tubuh Tetap Bugar

Belakangan ini, semakin banyak saja foto-foto orang berpose yoga yang bertebaran di media sosial. Olahraga asal India ini memang semakin populer karena gerakannya yang beragam.

Manfaatnya pun banyak, dari kesehatan fisik hingga mental. Beberapa studi bahkan menyebutkan aktivitas ini bila dilakukan secara rutin bisa meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi stres, menurunkan berat badan, dan mendorong pola makan sehat.

Kalau merasa ragu karena melihat pose-pose yoga yang sulit, jangan khawatir. Getlost.id telah menyiapkan rekomendasi aplikasi yoga yang cocok untuk pemula. Semuanya gratis dan bisa diunduh di Google Play maupun App Store. Selamat mencoba!

  1. Yoga for Beginners

Yang membedakan aplikasi ini dengan yang lainnya adalah masing-masing kelasnya dikategorikan sesuai waktu maupun tujuannya. Misalnya, ada yoga khusus pagi, yoga sebelum tidur, ataupun yoga yang dirancang khusus untuk membentuk otot perut.

Di aplikasi ini juga ada sesi khusus yang mengajarkan berbagai teknik dasar yang perlu diketahui pemula, sebelum kemudian dilanjutkan ke pose-pose yang lebih kompleks. Kalau sudah siap, kamu bisa mulai meningkatkan tingkat kesulitan sesi kelas yoga.

Unduh di sini: Google Play | App Store

  1. Simply Yoga

Aplikasi ini terutama populer karena memiliki enam rutinitas yang dirancang khusus untuk pemula, dengan masing-masing berdurasi 20-60 menit. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi konten menarik lainnya, termasuk siaran langsung kelas yoga dari yogi (ahli yoga) dari seluruh dunia.

Walau aplikasi ini bisa diunduh gratis, kelas-kelas yoga yang diberikan dibuat oleh para profesional bersertifikat. Setiap video pun dilengkapi instruksi yang jelas dan tepat, termasuk kapan harus memulai dan mengakhiri pose.

Unduh di sini: Google Play | App Store

  1. Grokker

Aplikasi ini berisi lebih dari 1.000 video yang mencakup yoga dan meditasi serta tips kebugaran dan konten memasak menu sehat. Namun, yang membuat aplikasi ini unik adalah berbagai tantangan dan program terstruktur yang dimilikinya.

Masing-masing program memiliki durasi dan tujuan yang beragam. Misalnya, ada program selama 14 hari yang dirancang untuk mereka yang perlu mengurangi asupan gula. Ada pula sesi singkat selama 20 menit yang cocok untuk pemanasan ataupun membantu mengatasi nyeri otot.

Unduh di sini: Google Play | App Store

  1. 5 Minute Yoga

Kalau rutinitasmu terbilang padat, aplikasi ini bakal sempurna, karena setiap sesinya bisa dilakukan dalam waktu kurang dari lima menit. Cocok dilakukan setelah bangun pagi agar tubuh terasa lebih segar, atau di penghujung hari sebelum beristirahat untuk meningkatkan kualitas tidur.

Setiap pose diilustrasikan dengan baik, dan bahkan ada fitur pengatur waktu yang memastikan kamu melakukan setiap pose dalam jangka waktu yang tepat. Meski sesinya singkat, setiap latihan dijamin dapat membantu meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas tubuh, selain mengurangi tingkat stres.

Unduh di sini: Google Play | App Store

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here