4 Trek Lari Favorit di Bandung

Tak punya waktu untuk lari di luar kota yang menyuguhkan pemandangan? Lari saja di salah satu dari empat trek lari ramah bagi pelari, yang dapat dimanfaatkan warga Bandung atau mereka yang sedang singgah di Kota Kembang. 

Arena lari yang terbuka untuk umum dan tanpa dikenai biaya masuk ini memiliki trek yang cukup nyaman, seperti lapangan atletik profesional. Inilah empat trek lari favorit di kota Bandung. 

1. Lapangan Gasibu

Layaknya lari di Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Lapangan Gasibu adalah tempat olahraga populer di kalangan warga Bandung. Berlokasi di depan Gedung Sate di Jalan Diponegoro, trek lari yang diwarnai putih-biru ini dulunya tidak tertata rapi karena dipenuhi pedagang kaki lima yang berjualan tiap Minggu. 

Untuk menikmati lari di lintasan berjarak 400-an meter ini, hindari olahraga di akhir pekan yang biasanya ramai dengan pelari lainnya atau pengunjung keluarga yang ingin bersantai di ruang terbuka. Di sekitar trek lari terdapat jajaran pohon, taman, tempat duduk untuk beristirahat, dan fasilitas toilet.

2. GOR Saparua

Lari di GOR Saparua sedikit lebih nyaman karena dinaungi pohon-pohon rindang yang tumbuh di pinggir jalur lari. Berlokasi di Jalan Banda No. 28, Kecamatan Bandung Wetan, GOR Saparua memiliki trek lari dari serpihan bata merah dengan jarak satu putaran sekitar 400 meter. 

Foto: Dok. Google Maps/Imam Arief

Selain lari, GOR Saparua juga memiliki area untuk bermain basket, bulu tangkis, wall climbing, hingga trek sepatu roda. Selalu ramai di akhir pekan, warga Bandung kerap memilih berolahraga di GOR Saparua karena di sekitarnya dihuni banyak penjual makanan yang menjajakan lontong kari, dim sum, batagor, nasi kuning, dan masih banyak lagi.

3. GOR Pajajaran

Trek jogging ini sudah ada sejak 1974 dan kerap dijadikan tempat perlombaan tingkat daerah dan provinsi. Walau sering dijadikan sebagai tempat latihan atlet profesional, GOR Pajajaran terbuka bagi pengunjung umum. 

Foto: Dok. Google Maps/Made Ken

Berada di Jalan Pajajaran No. 37, Pasir Kaliki, GOR Pajajaran memiliki trek nyaman, seperti lapangan atletik asli yang digunakan atlet profesional. Memiliki panjang lintasan 400 meter per satu putaran, GOR Pajajaran ideal bagi mereka yang ingin serius menekuni lari dengan trek yang terawat dengan baik.  

4. Saraga (Sarana Olahraga Ganesha)

Sebenarnya Saraga merupakan fasilitas olahraga yang dimiliki kampus Institut Teknik Bandung (ITB). Saraga memiliki lapangan basket, voli, tenis, sepak bola, kolam renang, wall climbing, juga trek lari. 

Foto: Dok. Google Maps/Mochamad Edwin

Tidak hanya dimanfaatkan oleh mahasiswa ITB, pengunjung umum dapat berlari di trek tanah di Saraga dengan panjang lintasan 400-an meter. Berlokasi di Jalan Siliwangi Dalam 3, tidak jauh dari Hutan Kota Babakan Siliwangi, area lari di Saraga cukup nyaman dengan ruang hijau di sekitarnya dan memiliki fasilitas kamar mandi. 

Teks: Priscilla Picauly | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here