Dari Klepon Bulang hingga Mi Ongklok, Ini Menu Khas Indonesia Wajib Coba di Djaman Doeloe Resto and Bar

0
2538

Djaman Doeloe Resto and Bar di Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah baru-baru ini meluncurkan menu terbarunya agar para tamu dapat mencicipi sejumlah hidangan khas dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Merupakan hasil kolaborasi Chef Andry Ekaprasetya dan Chef Andik Wahyudi, masakan ini akan diolah dengan bahan-bahan pilihan dan disajikan secara modern, namun dengan tetap mempertahankan resep aslinya.

Sebagai pembuka, Anda dapat menikmati Rujak Serut Ambar Ketawang. Ambar Ketawang merupakan nama daerah di Yogyakarta yang memiliki hasil bumi berupa buah-buahan yang terbaik di Indonesia. Rujak Serut ini sendiri memiliki bumbu khas dari perpaduan gula merah, asem jawa, dan kacang mede yang juga menjadi salah satu hidangan favorit dari keluarga Sultan Hamengkubuwana.

Opsi lainnya, cicipi Klepon Bulang yang juga menjadi salah satu primadona hidangan di Djaman Doeloe Resto and Bar. Merupakan kudapan tradisional khas Jawa Timur yang populer di kalangan masyarakat, klepon ini terbuat dari tepung ketan dengan olahan daun suji, serta berisi gula aren yang dibalut kelapa parut.

Untuk menu utama, Anda dapat menjajal Mi Ongklok Dieng. Mi Ongklok yang merupakan kuliner khas Wonosobo ini pertama kali dibuat oleh juru masak restoran Belanda bernama Bapak Muhadi pada 1887. Nama Ongklok diambil dari istilah keranjang ayamanan bambu yang dibuat untuk membantu dalam proses perebusan mi. Mi Ongklok disajikan dengan tempe kemul, keripik tahu, sate daging, dan daging sandung lamur.

Jangan lewatkan juga Bir Kotjok Bogor yang merupakan minuman tradisional khas Bogor. Walaupun namanya bir, minuman yang sudah semakin sulit dijumpai ini sebenarnya terdiri dari olahan jahe merah, kayu manis, cengkih, gula pasir, dan gula aren.

Selain pilihan aneka makanan khas Indonesia, Djaman Doeloe Resto and Bar juga menyediakan paket Ngeteh Doeloe yang merupakan signature dari Djaman Doeloe Resto and Bar. Berbagai pilihan jajanan pasar, seperti lapis surabaya, kue lumpur, onde-onde, lemper, dan masih banyak lagi, yang diolah dan dikemas cantik menggunakan rantangan kayu, serta disajikan lengkap dengan teh tubruk atau wedang uwuh, dapat menjadi piihan para tamu untuk melewatkan sore sembari menikmati suasana kota Surabaya dari lantai M3 hotel Four Points by Sheraton Surabaya, Pakuwon Indah.

Beroperasi tiap hari pukul 11:00 hingga 22:00, Djaman Doeloe Resto and Bar menggunakan produk disinfektan yang telah disetujui dan disertifikasi oleh lembaga lingkungan pemerintah untuk menyediakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi para tamu. Selain itu, beberapa protokol kesehatan pun telah diterapkan untuk kembali menyambut para tamu, seperti mengganti daftar menu fisik dengan e-menu, menjaga jarak fisik antara tamu setidaknya dua meter, mengurangi kapasitas restoran menjadi setengahnya, menempatkan hand sanitizer di area publik, dan melakukan pengecekan suhu tubuh.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here