Eksotisme Pasir Putih dan Keajaiban Bawah Laut di Pulau Beras Basah

Foto: Instagram @chazerdee

Selain dikenal dengan keindahan hutan dan keanekaragaman hayatinya, Kalimantan Timur juga menyimpan sebuah surga tersembunyi yang menanti untuk dijelajahi, yakni Pulau Beras Basah. Terpisah dari Kalimantan, pulau mungil ini dapat dicapai dengan mudah dari pelabuhan di kota Bontang.

Asal-usul Pulau Beras Basah

Nama Beras Basah merujuk pada cerita menarik dari pulau ini. Menurut legenda setempat, pulau ini bermula dari kapal yang membawa muatan beras dari Sulawesi menuju Bontang. Kapal tersebut mengalami nasib sial, dan berasnya tumpah di perairan dangkal, membentuk gundukan yang lama-kelamaan berubah menjadi pulau pasir putih yang selalu basah oleh deburan ombak.

Foto: Instagram @cahyad11

Keindahan Alam di Atas dan Di Bawah Laut

Pulau Beras Basah menyuguhkan keindahan yang menakjubkan di permukaan dan bawah laut. Pantai dengan pasir putih lembut ini dikelilingi oleh air laut jernih yang mengundang untuk diselami. Sementara mercusuar setinggi 15 meter menjulang di sisi pulau, membuat panoramanya makin menarik.

Di bawah permukaan laut, tersembunyi kekayaan terumbu karang yang memukau. Terumbu karang yang cantik dan berwarna-warni ini turut menciptakan rumah bagi berbagai jenis hewan laut. Pengunjung dapat mengeksplorasi keindahannya melalui kegiatan snorkeling, di mana koral cangkokan yang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota Bontang menjadi saksi bisu akan usaha pelestarian lingkungan.

Foto: Instagram @ohtiks

Aktivitas Seru untuk Semua Pengunjung

Pulau Beras Basah bukan hanya destinasi untuk para penyelam berpengalaman. Pengunjung yang hanya ingin menikmati keindahan pesisir dapat bersantai di tepi pantai, merasakan pasir putih di bawah kaki, atau berjemur sambil menikmati pemandangan laut yang memesona.

Di pulau ini juga tersedia penyewaan wahana seperti banana boat, selain tenda-tenda untuk siapa saja yang ingin berkemah. Opsi lainnya, pengunjung bisa menyewa hammock untuk bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Foto: Dok. Google Maps/Arul Valizers

Tips

  • Untuk kenyamanan dan kebersihan pribadi, disarankan membawa peralatan snorkeling sendiri, termasuk masker, snorkel, dan fin.
  • Bila ingin menghindari biaya sewa kapal yang tinggi, kunjungilah Pulau Beras Basah pada hari libur untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.
  • Pengalaman menginap di pulau ini akan menjadi tak terlupakan, terutama saat menyaksikan matahari terbit dan tenggelam.
Foto: Instagram @h_adie

Akses

Buat yang datang dari luar Kalimantan, perjalananmu dimulai dengan terbang terlebih dahulu ke Bandara Sepinggan di Balikpapan. Setibanya, lakukan perjalanan darat menuju Pelabuhan Tanjung Laut (bisa dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi).

Di pelabuhan, kamu bisa menyewa kapal dengan biaya sekitar Rp600 ribu untuk pulang pergi. Cukup mahal memang, tapi kamu bisa patungan biaya sewa kapal dengan wisatawan lainnya. Durasi perjalanan menuju Pulau Beras Basah sekitar 30-40 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here