Menyelam di Bias Tugel, Pantai Tersembunyi di Sisi Timur Bali

Pantai-pantai tersembunyi di Bali kerap diincar wisatawan yang ingin menjauh sejenak dari keramaian untuk menikmati sepenuhnya hamparan pasir dan perairan pirus yang terbentang di depan mata. Salah satunya yang menjadi favorit untuk penyuka wisata bahari adalah Pantai Bias Tugel.

Terletak di sisi timur Bali, atau tepatnya di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, pantai ini terletak tak jauh dari Pelabuhan Padangbai, dan bisa diakses dengan berkendara selama 90 menit dari Kuta.

Sesuai namanya yang berasal dari bahasa Bali, yakni bias yang berarti pasir dan tugel yang berarti terpotong, Pantai Bias Tugel memang memiliki garis pantai yang tak begitu panjang, dengan sisi kanan kirinya diapit oleh bebatuan karang besar yang bentuknya seperti potongan dan menyerupai teluk kecil.

Berkat hal ini jugalah ombak di pantainya tak begitu besar dan cocok untuk berbagai aktivitas air. Tak seperti pantai-pantai lainnya yang ramai turis, di sini kamu bisa bebas bermain air dan berenang sepuasnya tanpa terganggu kerumunan orang. Namun, tetap waspada karena tak ada lifeguard yang berjaga di sekitar pantai.

Foto: Instagram @balilivin

Perairannya sendiri begitu jernih, dengan gradasi warna hijau kebiruan yang makin jelas terlihat di siang hari. Saat ombak sedang besar, kamu juga bisa melihat water blow ataupun air muncrat yang menjulang tinggi ke atas akibat benturan gelombang dengan batu karang. Fenomena ini bisa kamu saksikan di sisi kanan pantai.

Sementara di sisi kiri pantai, kamu bisa menjumpai karang yang membentuk semacam laguna kecil. Berendam di sana dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan selagi di Pantai Bias Tugel. Namun, hindari bermain di sini bila ombak sedang tinggi karena laguna ini akan terisi penuh oleh air.

Foto: Instagram @asa_mandeville

Opsi lainnya, kamu bisa menuju situs penyelamannya dengan akses langsung dari pantai. Bawah lautnya memungkinkan penyelam untuk melihat berbagai spesies nudibranch, kawanan redtoothed triggerfish, belut moray, selain penyu dan hiu di sekitar karang meja yang masih utuh.

Karena cukup dangkal dengan kedalaman sekitar 10 meter, situs penyelaman ini juga cocok untuk snorkeling, belajar menyelam, ataupun fotografi makro. Penyelam berpengalaman juga bisa menyelam lebih dalam di kedalaman sekitar 30 meter, namun arusnya bisa sangat kuat, sehingga mesti berhati-hati.

Selepas beraktivitas di Pantai Bias Tugel, kamu bisa melewatkan sore dengan bersantai sejenak di warung-warung yang ada di tepi pantai. Jam operasional pantai ini sampai pukul 18:00, dan setelah itu, pengunjung dapat meninggalkan area pantai untuk kembali ke akomodasi tempat menginap atau melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya.

Biaya masuk Pantai Bias Tugel terjangkau, yakni hanya Rp5 ribu per orang. Dari lokasi parkir, kamu bisa langsung mengikuti jalan setapak yang menurun ke area pantai. Jalannya terjal dan berbatu, sehingga cukup menguras tenaga, namun tak begitu menyulitkan dan semuanya akan terbayar dengan keindahan pantai ini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here