Eksplorasi Sehari di Kuningan: Menyaksikan Keindahan Sunrise, Air Terjun, dan Waduk

Foto: Instagram @annisaahk

Buat kamu yang merindukan pelarian dari hiruk pikuk kota Jakarta, tak perlu khawatir! Explorer.id hadir dengan paket petualangan satu hari yang memikat, membawa pesertanya mengeksplorasi keindahan alam Kuningan, Jawa Barat.

Dengan paket turnya yang komprehensif, kamu akan diajak menyaksikan keindahan matahari terbit di Sukageuri View, meresapi kealamian Curug Putri Palutungan, hingga menikmati pesona senja di sekitar Waduk Darma. Berikut detail rencana perjalanannya.

Sunrise di Sukageuri View

Berangkat sedari malam dari Jakarta, peserta akan tiba di Kuningan keesokan harinya dan langsung diajak menyaksikan matahari terbit di Sukageuri View. Terletak di kaki Gunung Ciremai, Sukageuri View menawarkan pemandangan matahari terbit yang memukau dengan latar belakang perbukitan hijau dan langit yang cerah.

Foto: Instagram @edsitanala

Kamu dapat mengabadikan keindahan alam dari sejumlah spot foto yang disediakan oleh pengelola. Ada yang berupa jembatan melengkung, ada pula yang berupa gardu pandang. Puas berfoto, kamu bisa menikmati makanan dan minuman hangat di kedai kopinya.

Curug Putri Palutungan

Setelah matahari terbit, perjalanan dilanjutkan ke Curug Putri Palutungan. Setinggi 20 meter, air terjun ini menyuguhkan suasana alam yang asri dengan tanaman rimbun di sekitarnya.

Foto: Instagram @permanaafiz14_

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di sini, mulai dari menikmati keindahan alam, berendam di kolam alami yang jernih, hingga berpiknik dengan bekal makanan yang telah disiapkan. Curug Putri Palutungan juga dilengkapi fasilitas rekreasi, seperti penyewaan motor ATV. Tak hanya itu, ada pula penyewaan hammock yang kerap digunakan untuk swafoto.

Waduk Darma

Selanjutnya, peserta akan diajak menuju Waduk Darma, sebuah destinasi yang telah direvitalisasi dan kini semakin menawan. Waduk ini memiliki luas sekitar 432 hektar dan terletak di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan.

Terlepas dari fungsi utamanya sebagai pengairan untuk lahan pertanian, Waduk Darma kini menjadi destinasi wisata yang populer. Setelah revitalisasi pada tahun 2019, waduk ini menawarkan panorama danau yang luas dikelilingi perbukitan dan lembah yang memukau.

Foto: Instagram @slamat_riyadi08

Pengunjung dapat duduk bersantai di pinggir waduk, menjelajahi rerumputan yang tertata indah, atau naik perahu untuk mengelilingi danau. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju tempat oleh-oleh, sebelum kembali ke Jakarta.

Paket Wisata

Tanpa perlu repot menyetir atau menyewa kendaraan sendiri, kamu bisa memesan paket tur dengan rencana perjalanan seperti di atas di Explorer.id. Biayanya mulai Rp375 ribu per orang, sudah termasuk transportasi, tiket masuk tempat wisata, dan pemandu dari Jakarta.

Tips

Pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman untuk menikmati aktivitas di alam terbuka. Bila berniat bermain air di curug, bawalah pakaian ganti, handuk, dan perlengkapan mandi.

Siapkan perlengkapan fotografi untuk mengabadikan momen berharga. Terakhir, periksa cuaca sebelum pergi dan bawa perlengkapan pelindung dari hujan atau panas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here