Gua Cokro, Destinasi Hidden Gem untuk Petualangan Susur Gua di Yogyakarta

Selain dikenal sebagai kota seni dan budaya, Yogyakarta juga menjadi surga bagi para pencinta petualangan alam bawah tanah. Di antara destinasi populer seperti Gua Jomblang dan Gua Pindul, Gua Cokro muncul sebagai opsi wisata susur gua yang menawarkan pengalaman unik dan keindahan yang memukau.

Terletak di Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, Gua Cokro bukanlah destinasi wisata susur gua biasa. Dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Dusun Blimbing, destinasi ini mengundang para petualang yang ingin menguji adrenalin dengan medan yang menantang.

Foto: Instagram @pariwisata_gunungkidul

Menuruni Lubang Gua

Petualangan di Gua Cokro dimulai saat memasuki lubang gua, karena aksesnya tak mudah dan membutuhkan nyali. Dengan bantuan tali, pengunjung mesti memasuki lubang gua secara vertikal hingga ke kedalaman sekitar 18 meter.

Namun tak perlu khawatir, karena pengunjung akan diberikan pengarahan sebelum wisata susur gua. Selain itu, pengunjung akan diarahkan untuk mengenakan perlengkapan khusus, seperti helm dan sepatu bot.

Foto: Instagram @palawa_unpad

Setelah siap, mereka bisa menuju mulut gua untuk memulai eksplorasi. Di sana, sudah ada dua pemandu terlatih yang siap membantu memasangkan karabiner maupun menyiapkan tali. Petualangan pun kemudian dimulai dengan turun melalui lubang gua hingga tiba di area gua yang cukup luas.

Eksplorasi Gua

Sesampainya di bawah, aktivitas susur gua dapat dilakukan ke arah utara atau selatan. Panjang gua ke utara mencapai 300 meter lebih, sementara ke selatan mencapai 75 meter.

Foto: Instagram @akhmad_zona

Ditemani pemandu, pengunjung bisa berjalan menyusuri gua sambil melihat keindahan dinding gua yang terpahat alami dari air yang menetes. Ada yang membentuk seperti tirai, ada pula yang menyerupai keris. Sementara yang lain bahkan memiliki pola mirip batik. Detail-detail menarik ini tentunya menarik untuk diamati, dan membuat wisata susur gua di sini makin menyenangkan.

Pemandu juga akan mengajak pengunjung menuju sejumlah ruangan di dalam gua, seperti ruangan yang diberi nama kamar pengantin. Ada juga ruangan lain yang dikenal dengan nama hutan stalaktit dan stalagmit karena jumlah susunan batu kapur yang melimpah di dinding maupun langit gua.

Foto: Instagram @idamaann

Kalau beruntung, kamu bahkan bisa menikmati ‘cahaya surga’. Fenomena ini biasanya muncul saat cuaca cerah dan sinar matahari masuk melalui lubang gua. Perpaduan kontras antara cahaya matahari, formasi bebatuan, dan gelapnya gua tentu menarik untuk diabadikan.

Dengan tantangannya yang ekstrem dan keindahan alam bawah tanah yang menakjubkan, Gua Cokro, menjadi pilihan menarik bagi para pencinta petualangan di Yogyakarta. Bila kamu siap menghadapi tantangan, dan penasaran dengan keindahan tempat yang jarang terjamah, Gua Cokro dapat menjadi destinasi yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here