Menelusuri Keindahan Lorong Lumut, Spot Foto Estetik di Lembang

Foto: Instagram @romanbintang

Kawasan Lembang merupakan salah satu surga wisata di Bandung. Di sinilah kamu bisa menjumpai banyak atraksi yang menarik. Salah satunya yang sedang naik daun adalah Lorong Lumut, yang sesuai namanya, menyuguhkan pemandangan memukau dengan tebing lumut yang eksotis.

Lorong Lumut memiliki panjang sekitar 200 meter dengan lebar hanya sekitar 1 meter. Dihimpit oleh tebing setinggi 5 meter yang diselimuti lumut hijau, lorong dengan pijakan berupa bambu ini menciptakan suasana alam yang sejuk dan menawan. Terlepas dari tantangan trekking-nya, pengunjung akan dihadiahi dengan pemandangan estetik yang tak terlupakan.

Foto: Instagram @nongssssga

Akses

Lorong Lumut terletak di kawasan hutan Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk mencapainya, terdapat dua jalur utama, yakni melalui Jungle Milk dan Jayagiri. Kedua jalur ini menyuguhkan pengalaman trekking yang berbeda.

Bila menggunakan jalur via Jungle Milk, perjalanan dimulai dari Orchid Forest Cikole yang bisa diakses dengan kendaraan roda dua atau empat. Tempat parkir tersedia sekitar 500 meter dari kawasan Jungle Milk. Dari situ, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Lorong Lumut dan melewati anak-anak tangga.

Foto: Instagram @zacky_sibolang

Sementara jalur via Jayagiri memanjakan para trekker dengan hutan hijau yang subur. Perjalanan juga melewati Warung Ma Idah, tempat sederhana yang menjadi titik istirahat yang nyaman untuk menikmati suasana sekitar sambil menyantap hidangan ringan sebelum melanjutkan perjalanan.

Trekking via Jayagiri memang menantang karena medannya menanjak. Namun, keindahan pepohonan rindang sepanjang perjalanan memberikan nuansa tersendiri yang memikat hati.

Foto: Instagram @romanbintang

Setelah berbagai tantangan, jalur hiking bergabung dengan jalan aspal yang mengarahkan ke Lorong Lumut, memberikan sedikit kenyamanan setelah perjalanan yang menantang. Dari sini, jalurnya sama dengan via Jungle Milk, jadi tinggal mengikuti arah menuju Lorong Lumut.

Spot Foto Anti Mainstream

Lorong Lumut awalnya merupakan lorong untuk memasang saluran pipa air. Pipa-pipa air di sekitar lorong menambah nuansa estetik, menciptakan spot foto yang anti mainstream. Tak heran bila pengunjung kerap berhenti sejenak untuk berfoto dengan latar belakang tebing lumut yang menawan.

Foto: Instagram @rickybdg

Biar tetap nyaman selagi berwisata di tempat ini, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Pilih jalur trekking sesuai dengan tingkat keterampilan dan preferensi.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dan sesuai untuk trekking.
  • Jangan lupa membawa air minum dan bekal makanan ringan.
  • Pilih waktu kunjungan yang tepat, hindari perjalanan saat cuaca buruk.
  • Prioritaskan keselamatan selama perjalanan trekking.
  • Berhati-hatilah saat berjalan di lorong karena tak begitu lebar.

Lorong Lumut di Lembang adalah jawaban bagi mereka yang mencari petualangan unik dan keindahan alam yang menakjubkan. Dengan pesona alam yang memesona dan spot foto yang anti mainstream, Lorong Lumut menjanjikan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Selamat menikmati keindahan alam Lembang di Lorong Lumut!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here