Bukit Fatukopa, Keajaiban Alam nan Mistis di Nusa Tenggara Timur

Foto: Dok. Google Maps/Yaner Kause

Nusa Tenggara Timur (NTT) memang dikenal sebagai surga yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Salah satu dari berbagai destinasi menakjubkan di wilayah ini adalah Bukit Fatukopa, sebuah perpaduan antara keindahan alam yang eksotis dan mistis yang menggoda imajinasi.

Pesona Keindahan Alam

Berupa bukit batu kapur yang berselimutkan hijaunya vegetasi, Bukit Fatukopa menawarkan panorama alam yang memukau, terutama saat matahari terbenam dan terbit. Keindahan sinar matahari senja yang memeluk bukit, serta mentari yang mulai muncul di pagi hari, menciptakan suasana alam yang tak terlupakan.

Foto: Dok. Google Maps/RA92 PG

Selain keindahan alamnya, bentuk Bukit Fatukopa yang menyerupai bahtera kapal menambah daya tarik tersendiri. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan, masyarakat setempat meyakini bahwa bukit ini mungkin merupakan Bahtera Nabi Nuh yang karam. Nama Fatukopa sendiri diambil dari bahasa Suku Dawan yang berarti Batu Kapal.

Terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan, akses jalan yang sulit dan berbahaya menuju Bukit Fatukopa menambah tantangan petualangan. Setiap orang yang hendak mengunjungi bukit ini harus memperoleh izin dari ketua adat, dan hanya kepala adat atau kepala suku yang diizinkan mencapai puncaknya.

Foto: Dok. Google Maps/Rivani Bistolen

Tarian Legendaris Fatukopa

Bukit Fatukopa tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga melalui nilai budayanya. Tarian Legendaris Fatukopa menjadi ikon budaya yang terkenal hingga ke mancanegara.

Pada World Travel Market 2019 di London, tarian ini berhasil menyedot perhatian pengunjung, membawa kekayaan budaya NTT ke panggung internasional. Terlebih saat itu hanya NTT yang hadir mewakili Indonesia.

Foto: Dok. Google Maps/Ardhy Taruk

Camping di Seberang Bukit

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Bukit Fatukopa, di seberang bukit terdapat spot dengan hamparan rumput hijau yang memukau. Lokasi ini menjadi tempat favorit untuk berkemah, memberikan pengalaman berwisata yang lebih dekat dengan alam.

Meskipun belum ada pembatas, pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan keselamatan selama berkunjung. Selain itu, bawa sendiri perlengkapan maupun perbekalan yang dibutuhkan selama berkemah karena spot ini masih benar-benar alami dan fasilitasnya belum memadai.

Foto: Dok. Google Maps/Mahalakshmi Nirvana

Lokasi dan Akses

Bukit Fatukopa terletak di Kecamatan Fatukopa, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kalau dari pusat kota Soe, jaraknya sekitar 67 km, atau dapat ditempuh dengan berkendara selama sekitar dua jam.

Bukit Fatukopa, dengan keunikan alam dan nuansa mistisnya, mengundang para pelancong untuk menjelajahi keindahan dan kekayaan budaya Nusa Tenggara Timur. Sebuah petualangan yang menggugah seluruh indra dan menghadirkan kenangan tak terlupakan di antara gemerlapnya alam dan kepercayaan lokal. Selamat menjelajah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here