Menyapa Hiu Karang Sirip Putih di Gili Biaha

Foto: Instagram @wirawan_cuplis23

Gili Biaha merupakan pulau batu mungil yang terletak sekitar empat kilometer di sebelah timur laut Gili Tepekong. Merupakan situs diving paling terpencil di Amuk Bay, Gili Biaha menawarkan pengalaman menyelam yang tak terlupakan untuk menjelajahi kehidupan laut yang melimpah di sekitarnya.

Untuk mencapai situs diving ini, kamu dapat naik kapal dari Padang Bai dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Cukup lama memang, namun sepanjang perjalanan menuju Gili Biaha, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dari kawasan pesisir di Bali Timur maupun hamparan laut biru.

Foto: Instagram @timur_angin

Sampai di lokasi, kamu akan diperkenalkan dengan dua pilihan situs penyelaman yang menarik, yaitu Shark Cave dan Biaha Slope. Biasanya, kedua situs ini dapat digabungkan dalam satu kali penyelaman, tergantung pada kondisi arus saat itu. Namun Shark Cave lah yang paling difavoritkan karena memungkinkan penyelam bertemu hiu karang sirip putih.

Sebelum memulai penyelaman, penting untuk diingat bahwa Gili Biaha hanya diperuntukkan bagi penyelam yang berpengalaman. Kondisi arus yang kuat dan sulit diprediksi menuntut kesiapan dan pengetahuan yang memadai. Konsultasikan dengan instruktur sebelumnya dan ikuti semua instruksi dengan teliti untuk memastikan keselamatan selama penyelaman.

Biota Laut

Foto: Instagram @kevinxwolf

Saat memasuki air, kamu akan dihadapkan dengan tantangan arus naik dan ombak yang kuat. Karena itu penting untuk turun secepat mungkin ke dinding agar tak terbawa oleh arus. Hal ini jugalah yang membuat situs ini lebih cocok untuk penyelam yang mahir dan sudah berpengalaman.

Setelah tiba di dinding karang, penyelam akan turun ke kedalaman sekitar 12 meter dan perlahan-lahan mendekati gua yang dijuluki Shark Cave. Dinamai demikian karena di sana, kamu akan disambut oleh pemandangan yang menakjubkan.

Foto: Instagram @timur_angin

Kamu dapat melihat banyak hiu karang sirip putih yang kerap berseliweran di dalam gua. Walau bisa melihatnya dari jarak yang sangat dekat, tetap pastikan jaga jarak aman, terutama bila ingin mengambil foto. Sebisa mungkin jangan mengganggu hewan-hewan tersebut.

Tidak hanya itu, Gili Biaha menawarkan kehidupan laut yang kaya dan beragam di sekitar terumbu karangnya. Kamu bisa berkesempatan menjumpai nudibranch, lobster, udang, kepiting, dan berbagai jenis ikan yang indah. Pengalaman menyelam di sini semakin berkesan dengan kehadiran terumbu karang warna-warni dan sinar matahari yang menembus melalui air yang jernih.

Foto: Instagram @kar.weezy

Tak jarang, sekawanan lumba-lumba mampir ke situs ini beberapa kali dalam setahun. Keberadaan penyu juga cukup umum di sekitar Gili Biaha. Bila beruntung dan datang di musim yang tepat, kamu bahkan bisa berjumpa dengan mola-mola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here