Catat Nih, Destinasi Snorkeling Paling Populer di Batam

Foto: Instagram @melvin_yue

Siapa sih yang tak kenal Batam? Sebagian besar orang datang jauh-jauh kemari untuk berbelanja barang-barang elektronik, sementara yang lain sibuk berwisata kuliner.

Ya, lokasinya yang dikelilingi pulau-pulau kecil membuatnya terkenal dengan berbagai olahan seafood. Namun hal ini juga berarti Batam punya banyak destinasi pantai dengan perairan yang menarik untuk diselami. Sebut saja Pulau Abang yang kian populer di kalangan wisatawan.

Foto: Instagram @enjoybatam_

Banyak penyedia tur yang menawarkan wisata snorkeling ke Pulau Abang karena perairannya yang diyakini lebih cantik ketimbang perairan lain di Batam. Tak hanya itu, karena dikelilingi pulau-pulau, permukaan airnya pun relatif tenang, sehingga aman dan nyaman diselami bagi pemula sekalipun. Sebelum pandemi, tercatat setidaknya 1.000 wisatawan yang snorkeling di sana sepanjang 2019.

Selain mengagumi keindahan terumbu karang yang masih alami, kamu dapat melihat berbagai hewan laut yang berkumpul di area ini. Sebut saja ikan badut atau clownfish yang akrab disapa Nemo. Ada pula jenis ikan karang lainnya yang tak kalah cantik, seperti blue tang (biasa dijuluki Dory), ikan wrasse, dan rabbitfish (Siganidae). Airnya begitu bersih dan jernih, sehingga kamu dapat melihat jelas beragam biota laut yang menghuni perairan ini.

FotoL Instagram @jacky_limss

Kalau doyan mancing, kamu juga bisa menanyakan ke pemandu atau penduduk setempat untuk menemukan spot yang pas. Biasanya, jenis ikan yang didapat antara lain kakap merah, selar kuning, dan pinang.

Lepas beraktivitas, kamu dapat bersantai di pantainya yang menawarkan hamparan pasir putih dan lembut. Di sekitar pantai juga terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Kamu dapat makan di sana sambil minum kelapa selagi menikmati suasana pantai.

Akses

Pulau Abang terletak di selatan Pulau Batam. Dari pusat kota Batam, kamu mesti berkendara dahulu ke Pelabuhan PT Pari di Pulau Galang selama sekitar 1,5 jam. Bagi yang belum tahu, Pulau Batam terhubung dengan pulau-pulau di sekitarnya via Jembatan Barelang.

Foto: Instagram @pulauabangtravel

Setelah melewati Jembatan IV (Jembatan Raja Kecik), kamu akan tiba di Pulau Galang. Teruskan perjalanan sekitar sembilan kilometer hingga tiba di Pelabuhan PT Pari. Di pelabuhan inilah banyak terdapat kapal-kapal kecil yang siap mengantarkan wisatawan ke Pulau Abang. Durasi perjalanannya sekitar 30-45 menit, tergantung cuaca.

Untuk memudahkan perjalanan, kamu dapat menyewa paket wisata dari operator tur, seperti Galang Bahari. Tim Galang Bahari memiliki pemandu profesional yang merupakan warga asli Pulau Abang, sehingga tahu betul medan perairan di tempat penyelaman.

Foto: Instagram @ilsesiem

Ada beberapa paket yang ditawarkan, termasuk one day trip seharga Rp300.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk satu set alat snorkeling, jaket pelampung, makan siang, pemandu bersertifikat, foto bawah laut, air mineral, kopi dan teh, kelapa muda, transportasi laut, dan kantong baju basah.

Disarankan membawa flashdisk atau kabel data untuk meng-copy foto-foto selama berwisata, selain juga handuk, sabun mandi, dan perlengkapan pribadi lainnya. Operator tur tersebut juga menyediakan transportasi darat dengan biaya tambahan bila ingin dijemput dan diantar kembali ke hotel di Batam. Untuk reservasi, kunjungi akun Instagram @pulauabangtrip atau hubungi WhatsApp 081267111161.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here