4 Alasan Kepulauan Maluku Harus Jadi Tujuan Liburan Selanjutnya

Kepulauan Maluku sering dilupakan ketika berbicara tentang destinasi wisata di Indonesia. Padahal, kepulauan ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah, tidak kalah dari destinasi pulau lainnya. Apalagi, kepulauan ini juga memiliki pemandangan bawah laut spektakuler yang bahkan dapat menyaingi Raja Ampat.

Jika belum juga yakin, ini adalah beberapa alasan tambahan untuk menjadikan Maluku sebagai tujuan liburan selanjutnya. 

  • Pantai-Pantai yang Memesona

Pantai-pantai di Maluku menawarkan hamparan air yang jernih sejauh mata memandang. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan yang ditawarkan Maluku ini adalah di Pantai Ohoidertawun, Kepulauan Kei. Tidak berlebihan bila menyebut pantai ini sebagai surga tropis yang tenang dan penuh pesona. Saat berada di sini, jangan lupa untuk menjelajahi gua-gua Kepulauan Kei dengan pahatan batu dan lukisan kunonya. 

Jika ingin menikmati pemandangan laut yang tak terbatas, wisatawan dapat berkunjung ke Pantai Sangliat Dol di Pulau Yamdena. Dari pantai ini, wisatawan dapat menemukan platform berbentuk perahu tua dengan menaiki tangga batu di sisinya. Melalui platform ini, wisatawan dapat melihat pemandangan laut luas tanpa terhalang apa pun. 

  • Ikan Pari Manta di Manta Bay

Indonesia merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat ikan pari manta. Hewan laut menakjubkan ini akan menghibur wisatawan dnegan gerakan-gerakan akrobatik mereka yang dibawakan dengan begitu anggun. Untuk melihatnya, wisatawan bisa berkunjung ke Manta Bay di Pulau Halmahera. Tempat ini tidak memiliki banyak terumbu karang maupun ikan hias. Tapi dapat dipastikan bahwa ada banyak pari manta di situs selam ini. Manta Bay memiliki air yang sangat jernih sehingga mudah bagi wisatawan untuk melihat kumpulan ikan pari manta yang berenang lincah.

Selain datang ke Manta Bay, wisatawan juga bisa menjelajahi terumbu karang, hutan bakau, dan laguna yang ada di Pulau Halmahera. Di sini, wisatawan dapat menemukan ikan hias beraneka warna, bahkan penyu dan hiu karang yang tidak berbahaya. 

  • Situs Diving Menakjubkan 

Untuk merasakan pengalaman yang sepenuhnya di Maluku, cobalah melakukan scuba diving di Pulau Halmahera. Pulau ini memiliki situs diving yang luar biasa dengan pilihan drift diving dan juga wall diving. Di sini wisatawan dapat menemukan taman terumbu karang yang cantik, kapal karam dari Perang Dunia II, hingga formasi vulkanik bawah laut. Wisatawan dapat berenang di antara formasi batuan dan mencari berbagai hewan laut yang bersembunyi di celah-celahnya. Ada lebih dari 600 spesies ikan dan sekitar 450 spesies karang yang bisa ditemukan di sini. 

  • Jalur Pendakian dengan Pemandangan Indah 

Setelah puas bermain air, wisatawan dapat menjelajahi berbagai jalur pendakian yang ditawarkan kepulauan ini. Di Pulau Halmahera sendiri, ada jalur pendakian gunung berapi dan hutan lebat, ada pula pendakian di hutan bakau dan hutan palem. Namun untuk merasakan pengalaman mendaki yang terbaik di Maluku, kunjungi Taman Nasional Manusela di Pulau Seram. 

Para pencinta burung akan sangat menyukai tempat ini berkat keberadaan burung kakatua langka dan burung-burung lainnya di tempat ini. Ada sekitar 100 spesies burung dan 2.000 spesies kupu-kupu yang memenuhi taman nasional ini. 

Teks: Levana Florentia | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here