Menyaksikan Keindahan Sunrise di Sembalun dari Bukit Nanggi

Bukit Nanggi merupakan salah satu destinasi wisata pendakian di Lombok Timur. Lokasinya ada di timur kawasan Geopark Rinjani, atau tepatnya di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Jalur pendakian di bukit ini sudah dibuka sejak 2015 lalu dengan menawarkan pengalaman mendaki yang menarik dan panorama alam yang memukau. Dari puncaknya, kamu bisa menikmati indahnya lautan awan di pagi hari, selain cantiknya senja menjelang matahari terbenam.

Foto: Dok. Google Maps/Chipp redEye

Megahnya Gunung Rinjani tampak jelas terlihat dari sini. Tak hanya itu, dari atas bukit tersebut kamu bisa menyaksikan panorama desa-desa yang ada di sekitarnya, dan bahkan Gunung Tambora di kejauhan. Tak heran bila Bukit Nanggi kerap dikunjungi para pendaki, baik lokal maupun internasional.

Pendakian

Perjalanan menuju Bukit Nanggi dimulai dari Mataram dengan mengikuti rute Bertais – Masbagik – Aikmel – Suela – Sembalun. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 sampai 2 jam berkendara. Sesampainya di Desa Sembalun, kamu bisa menitipkan kendaraan di sana, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Foto: Dok. Google Maps/Hadiah Berkah

Meskipun sudah banyak pengunjung yang mengunjungi bukit ini, akses jalan menuju lokasi masih relatif sulit dengan medan yang terjal. Bagi pendaki pemula, bersiaplah menempuh perjalanan dalam waktu yang lebih lama. Di musim hujan, jalur pendakiannya bisa cukup licin, sehingga ada baiknya berkunjung saat musim kemarau.

Durasi pendakian menuju puncak Bukit Nanggi sekitar 4 jam, namun hal ini tergantung kondisi jalan maupun kemampuan pendaki. Bila jalurnya dalam kondisi baik, ada pemandu yang menemani, dan sudah terbiasa mendaki, waktu tempuhnya tentu bisa lebih singkat. Sebaliknya, bila sering beristirahat untuk menikmati keindahan di sepanjang jalur pendakian, perjalanan menuju puncak bisa mencapai 6 jam atau lebih.

Foto: Dok. Google Maps/Did Mild

Sesampainya di puncak, rasa lelah serasa terbayar lunas dengan pemandangan yang indah. Di pagi hari, kamu bisa menyaksikan matahari yang terbit perlahan dari balik gunung-gunung yang ada di Sumbawa, sebelum menyinari hamparan laut. Pemandangan sekitarnya pun mulai tersibak, dengan desa-desa di Sembalun dan sekitarnya yang terlihat jelas dari puncak bukit ini.

Sementara di sore hari, kamu akan disuguhkan panorama matahari terbenam yang mengesankan. Saat matahari perlahan tenggelam di balik Gunung Rinjani, langit pun akan semakin gelap sebelum menampakkan indahnya hamparan bintang. Untuk menikmati momen tersebut, kamu bisa bermalam di Bukit Nanggi dengan mendirikan tenda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here