Nawang Jagad, Area Berkemah Asri dengan Latar Gunung Merapi

Foto: Dok. Google Maps/Satriyo Baskara

Kawasan Sleman di Yogyakarta menyajikan banyak destinasi liburan yang menarik untuk para wisatawan. Salah satunya adalah Nawang Jagad, sebuah tempat wisata alam di kaki Gunung Merapi yang menawarkan pengalaman camping yang tak terlupakan. Jauh dari keramaian kota, Nawang Jagad menjadi oase yang menenangkan dengan panorama alam yang menakjubkan.

Panorama Bukit dan Gunung

Nawang Jagad terletak di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, sekitar satu jam berkendara dari pusat kota Yogyakarta. Nama tempatnya yang unik berasal dari bahasa Jawa yang berarti ‘memandang alam semesta’.

Foto: Dok. Google Maps/Watra Arsadiando

Hal ini benar adanya, karena spot wisata ini menyajikan panorama alam yang asri dan sejuk, dengan Gunung Merapi yang terlihat gagah diapit oleh Bukit Turgo dan Plawangan. Beroperasi sejak 2021 lalu, Nawang Jagad kian populer sebagai destinasi pilihan untuk para campers.

Mengusung konsep adventure camp, Nawang Jagad memastikan wisatawan yang datang kemari dapat tetap menikmati suasana yang masih alami sambil melakukan aktivitas luar ruang yang seru.

Selain berpiknik dan berkemah, wisatawan bisa menikmati kegiatan lain, seperti bersepeda, berkeliling naik ATV dan skuter, hingga berkendara melewati medan terjal dengan kendaraan off-road. Tak hanya itu, mereka juga bisa menikmati pemandangan dari ketinggiaan di menara pandang.

Fasilitas

Foto: Dok. Google Maps/Budhi Wibowo

Pihak pengelola menyediakan penyewaan tenda dan perlengkapannya bagi yang tak membawa peralatan camping sendiri. Tak hanya itu, ada pula paket makanan yang terjangkau, sehingga pengunjung tak perlu repot menyiapkan sendiri.

Fasilitas penunjang seperti toilet dan air bersih juga sudah tersedia. Sementara di area piknik, terdapat hammock dan beanbag yang bisa dinikmati secara gratis sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Nawang Jagad buka setiap hari, kecuali Senin. Jam operasional mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB pada hari Selasa hingga Jumat, dan mulai pukul 06:00 hingga 18:00 pada Sabtu, Minggu, dan hari libur.

Foto: Instagram @ngestiwuryantoro75

Untuk masuk ke area piknik, pengunjung perlu membeli voucer seharga Rp15 ribu per orang (anak-anak di bawah 12 tahun gratis). Voucer ini bisa ditukarkan dengan berbagai macam minuman dan snack. Kalau ingin berkemah, tiketnya mulai Rp25 ribu per orang, sementara biaya parkir kendaraan Rp25 ribu per unit.

Pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu untuk mendapatkan mendapatkan tempat camping sesuai keinginan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah selama berada di Nawang Jagad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here