Jamselinas XII Akan Digelar November Mendatang di Batam

Foto: Instagram @suwito_katamsi

Jambore Sepeda Lipat Nasional, atau yang lebih dikenal sebagai Jamselinas, merupakan ajang tahunan bagi para pesepeda lipat di seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk mengampanyekan penggunaan sepeda, terutama sepeda lipat, sebagai moda transportasi yang ramah lingkungan.

Digelar Indonesia Folding Bike (IDFB), kegiatan ini biasanya berlangsung di lokasi yang berbeda-beda untuk sekaligus mempromosikan potensi pariwisata di wilayah tersebut. Tahun ini, Batam terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan Jamselinas.

Penetapan kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau sebagai tuan rumah Jamselinas XII bukan tanpa alasan. Batam kini semakin ramah bagi pesepeda dengan pembangunan infrastruktur jalan yang lebar dan dilengkapi jalur khusus sepeda.

Lokasi Batam pun terbilang strategis, dengan akses penerbangan dari berbagai kota besar di Indonesia setiap harinya. Soal akomodasi, para pesepeda tak perlu khawatir dengan beragam pilihan yang tersedia, dari penginapan sederhana yang bersih hingga properti bintang lima yang mampu menampung banyak tamu sekaligus. Sementara perut akan dimanjakan dengan kuliner yang lezat dan menggugah selera.

Jamselinas XII diperkirakan akan diramaikan oleh 5.000 peserta, baik dari dalam maupun luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand. Rangkaian acara puncaknya akan dilaksanakan pada 10-11 November 2023 di Lapangan Engku Putri yang merupakan pusat pemerintahan Kota Batam.

Ketentuan

Tertarik mengikuti Jamselinas XII, namun tak sempat daftar? Jangan khawatir, karena pendaftaran periode kedua akan dibuka pada 11 Juni mendatang. Kamu bisa mengikuti akun Instagram @idfoldingbike dan @jamselinas12batam untuk info terbarunya.

Foto: Instagram @inibatam.id

Untuk mengikuti acara ini, peserta bisa menggunakan sepeda lipat dengan ukuran roda 14-26 inci. Pastikan sepeda dalam keadaan baik, baik dari segi tekanan ban, kuncian lipatan, maupun sistem pengereman.

Jamselinas bersifat gowes mandiri, dengan peta perjalanan yang dibagi dalam format gpx. Peserta dapat membawa dan menyiapkan sendiri perbekalan selama perjalanan maupun perlengkapan keamanan bersepeda, seperti helm. Selain itu, persiapkan fisik sebelum mengikuti Jamselinas, karena perjalanan sepeda akan dilakukan dengan jarak tempuh sekitar 50 km mengelilingi Pulau Batam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here