Bangkitkan Pariwisata, Sekotong Triathlon 2021 Digelar 29 Agustus

Foto: Instagram @fabiankiby

Penyuka pantai tentu sudah tak asing lagi dengan kawasan wisata Sekotong yang berada di selatan Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Deretan pantai maupun pulau mungil di wilayah tersebut menyuguhkan hamparan perbukitan yang eksotis maupun pesona bawah laut yang menawan.

Di kawasan itu jugalah akan digelar Sekotong Triathlon 2021 pada 29 Agustus mendatang. Federasi Triathlon Indonesia Provinsi NTB selaku penyelenggara berharap ajang olahraga ini dapat menjadi salah satu cara untuk membangkitkan sektor pariwisata di tengah pandemi.

“Dengan perencanaan yang matang serta dukungan dari pemerintah daerah dan seluruh insan olahraga, kami optimis bahwa acara triatlon dan pariwisata NTB adalah dua elemen selaras yang akan mampu menjadi momen kebangkitan bagi sektor pariwisata, olahraga, maupun ekonomi NTB yang sempat lesu karena pandemi,” kata Baiq Elok Megawati, Ketua FTI NTB, dalam akun Instagram @triathlonntb.

Sekotong Triathlon 2021 akan melombakan tiga cabang olahraga sekaligus, yakni renang, sepeda, dan lari. Di tahap pertama, peserta mesti berenang sejauh 750 meter. Medannya umumya di pantai, namun tidak menutup medannya akan disesuaikan nantinya saat perlombaan berlangsung.

Foto: Instagram @baskara_hidaya

Setelah berenang, peserta akan melanjutkan perlombaan dengan mengayuh sepeda dan menempuh jarak 27,5 km. Barulah di fase terakhir, peserta akan berlari sejauh 2,5 kilometer. Rutenya sendiri akan melewati deretan pantai dengan pemandangan alam yang indah.

Pemenang lomba triatlon ditentukan secara waktu akumulatif. Namun, setiap strategi dan keputusan yang keliru bisa memengaruhi fisik dan tenaga. Karena itu, peserta wajib memiliki semangat juang, persiapan strategis, dan determinasi tinggi untuk menyelesaikan seluruh tantangan tersebut dan menjadi pemenangnya.

Foto: Instagram @henry_genset_

Kalau tertarik, segera daftarkan diri melalui bit.ly/st2021reg. Jangan lupa siapkan lampiran sertifikasi vaksin Covid-19 (setidaknya vaksinasi tahap pertama). Pendaftaran hanya dibuka sampai 23 Agustus. Biayanya Rp1,75 juta, sudah termasuk race pack, layanan pick up, konsumsi selama lomba, serta hotel setara bintang 3.

Sebelum dan selama kompetisi berlangsung, pihak penyelenggara akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi keamanan seluruh pihak yang terkait. Untuk info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @triathlonntb, atau hubungi WhatsApp 081246700094 (Bagio), 087863955327 (Hari), dan 08123787027 (Elok).

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here