Wow, Situs Ini Suguhkan Ratusan Spesies dalam Satu Kali Penyelaman!

Menyuguhkan beragam spesies ikan, koral, dan moluska, Raja Ampat sudah lama dikenal sebagai situs menyelam kelas dunia. Di sinilah kamu bisa menjumpai spot-spot penyelaman favorit yang tersebar di berbagai penjuru.

Salah satunya yang tak boleh dilewatkan adalah Cape Kri. Merupakan house reef Sorido Bay Resort, spot satu ini terkenal karena memegang rekor dunia untuk situs dengan jumlah spesies tertinggi yang terlihat dalam satu kali penyelaman.

Rekor ini dibuat oleh Gerald R. Allen, seorang ahli biologi kelautan terkenal. Tercatat, ia pernah menjumpai 374 spesies ikan yang berbeda dalam satu kali penyelaman. Pengalaman luar biasa ini tentu saja bisa dirasakan penyelam lain, dengan ribuan ikan yang bisa ditemui saat menjelajahi bawah lautnya.

Fitur

Untuk mencapai Cape Kri, penyelam dapat mengaksesnya dengan naik kapal dari Kri Eco Resort tak sampai tiga menit. Lokasinya ada di timur laut Pulau Kri dengan arus yang menyapu ke arah perairan sempit antara Kri dan pulau kecil bernama Koh.

Berupa terumbu karang dengan dinding miring hingga kedalaman sekitar 40 meter, di bagian atasnya ada banyak karang keras yang kerap dilintasi oleh hiu karang sirip hitam dan penyu. Sementara di dasarnya, terdapat jangkar kuno yang menjadi rumah bagi sekelompok besar sweetlips, selain berbagai jenis biota laut lainnya.

Umumnya, penyelam dapat melihat giant trevally maupun dogtooth tuna di sebagian besar penyelaman. Namun biasanya yang ditunggu-tunggu adalah schooling dari chevron barracuda yang kerap diburu fotografer, maupun Napoleon wrasse dalam ukuran besar.

Penyelam makro juga akan dimanjakan di sini, karena kehidupan makro juga sama beragamnya. Ada banyak sekali nudibranch dan udang, pygmy seahorse, berbagai jenis scorpion fish, cacing pipih, gurita, dan makhluk kecil lainnya.

Waktu Terbaik

Situs ini baiknya diselami menjelang senja atau justru pagi-pagi sekali, ketika berbagai biota laut sedang mencari mangsa. Di saat itulah penyelam akan dikelilingi oleh sekumpulan besar ikan.

Mengingat arusnya bisa sangat kuat, disarankan untuk tetap menyelam di kedalaman saat berada di situs ini. Visibilitasnya sendiri sangat baik, dan menyelam di situs ini dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun dengan suhu air rata-rata berkisar 27-30 derajat Celsius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here