Serunya Wisata di Ujung Genteng, Bisa Sekalian Melihat Penyu Bertelur dan Pelepasan Tukik

Pantai Ujung Genteng yang terletak di Sukabumi ini merupakan salah satu destinasi yang bisa dipilih bagi warga ibu kota dan sekitarnya untuk melewatkan liburan akhir pekan. Perjalanannya memang terbilang jauh, yakni sekitar enam jam berkendara dari pusat kota Jakarta, namun semua itu terbayar dengan panorama alamnya yang indah. 

Foto: Instagram @matt.rif

Di pantai yang berpasir putih bersih ini, kamu dapat menjumpai ikan, kepiting kecil, bintang laut, rumput laut, dan bebatuan karang yang tersebar di sekitar pantai. Puas bermain air dan berenang di perairannya, kamu dapat berkeliling sekitar pantai untuk mengekplorasi sejumlah atraksi lainnya, mulai dari puing-puing bekas dermaga sisa peninggalan zaman Belanda, atau mercusuar yang menawarkan pemandangan pantai dari ketinggian. 

Foto: Instagram @dwi3788

Bila datang saat musimnya (antara Agustus hingga Maret), kamu dapat sekalian menyaksikan langsung penyu hijau yang bertelur di Pantai Pangumbahan, sekitar empat kilometer jauhnya dari Pantai Ujung Genteng. Biasanya, penyu-penyu bertelur di malam hari, yakni sekitar pukul 19:00 hingga 02:00. Selama proses bertelur ini, para pengunjung tidak boleh berisik agar penyu-penyu yang sensitif terhadap suara tersebut tidak terganggu. 

Tertarik melihat penyu bertelur? Caranya mudah, kamu cukup melapor untuk masuk ke Balai Konservasi Penyu di Pantai Pangumbahan yang buka sepanjang hari. Tidak ada tarif masuk resmi, kamu cukup memberikan donasi sukarela. 

Kamu bahkan dapat berkunjung sedari sore untuk melihat telur penyu yang menetas di lokasi konservasi, kemudian melihat proses pelepasan tukik (anak penyu) ke pantai sekitar pukul 17:00. Pelepasan ratusan tukik ini akan dilakukan oleh petugas, dan pengunjung tidak boleh menyentuhnya agar tidak tercium bau manusia dan tukik bisa hidup di alam bebas. Namun, kamu tetap dapat memotret atau merekam proses pelepasan ini, asal tidak menghalangi tukik yang berjalan ke arah pantai. 

Bila ingin berwisata ke Ujung Genteng, kamu tak perlu soal akomodasi, karena kawasan ini memiliki berbagai penginapan yang tarifnya bisa disesuaikan dengan bujet liburan. Restoran di sekitar pantai pun banyak, dengan sebagian besar menjual berbagai jenis seafood. 

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here