Snorkeling di Pulau Penjalin, Surga Bawah Laut di Anambas

Foto: Instagram @dedysaputra90

Berjuluk Raja Ampatnya Indonesia Barat, Kepulauan Anambas merupakan destinasi favorit bagi para pelancong yang ingin menikmati salah satu surga tropis terindah di Asia. Di sinilah mereka dapat menikmati keindahan alam, baik di darat maupun bawah lautnya.

Merupakan bagian dalam Provinsi Kepulauan Riau, Anambas memiliki 255 pulau, dengan 26 di antaranya merupakan pulau berpenghuni. Dari sekian banyak pulau tersebut, Pulau Penjalin merupakan salah satunya yang kerap dikunjungi karena dikelilingi pantai indah berpasir putih maupun perairan jernih.

Foto: Instagram @zindan_habsyi

Dengan speedboat, setidaknya butuh dua jam dari Tarempa untuk mencapai pulau tak berpenghuni ini. Terletak di garis terluar Kepulauan Anambas, ombak di sini kerap tinggi karena tak banyak pulau di sekelilingnya.

Namun setibanya di pulau dengan garis pantai sepanjang dua kilometer ini, perairannya yang dangkal dan tenang menyediakan tempat yang menyenangkan untuk berenang atau snorkeling. Di bawah permukaan laut, kamu bisa menjumpai beragam terumbu karang warna-warni maupun berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

Foto: Instagram @dedysaputra90

Airnya pun jernih, sehingga kamu bisa dengan mudah mengamati kehidupan bawah laut tersebut. Jangan lewatkan kesempatan mengabadikan pengalaman menyelam di sana dengan kamera underwater.

Sepuas bermain air, kamu bisa menggelar tikar untuk menyantap makanan dan minuman yang sudah disiapkan sebelumnya. Bawalah perbekalan yang cukup karena tak ada fasilitas apa pun di sini.

Kalau tak ingin repot, wisatawan biasanya menyewa paket wisata. Biasanya fasilitasnya sudah stermasuk kunjungan ke pulau-pulau lainnya di Anambas, transportasi selama di Anambas, perlengkapan snorkeling, tiket masuk, dokumentasi, dan pemandu.

Foto: Instagram @dedysaputra90

Pasalnya, memang tak ada transportasi reguler untuk menuju Pulau Penjalin. Wisatawan mesti menyewa pompong (kapal kayu) milik nelayan atau speedboat milik Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Anambas untuk melakukan island hopping.

Meski aksesnya masih terbatas dan mengharuskan wisatawan menempuh perjalanan panjang, Pulau Penjalin tetap menarik bagi yang ingin menemukan surga baru. Aktivitas snorkeling di sini pun bakal menjadi momen yang tak terlupakan, terutama untuk pemula yang baru belajar menyelam atau siapa pun yang ingin mencoba pengalaman baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here