Dieng Detrac Trail Run Series 2023 Lombakan Kategori Fun Trail hingga Ultra Trail

Detrac, komunitas pegiat lari trail di Indonesia, akan menggelar Dieng Detrac Trail Run Series 2023 pada 9-10 Juni mendatang. Mengusung slogan ‘It’s Beyond Trail Run!!!’, acara ini menjadi bentuk komitmen dan kontribusi aktif Detrac terhadap kemajuan olahraga lari lintas alam di Indonesia.

Dieng Detrac Trail Run Series mengemban misi untuk mengembangkan dan mencetak atlet-atlet lari trail berprestasi. Tak hanya mengajak mereka berlomba, para pelari tersebut akan memiliki kesempatan untuk mewakili Indonesia di ajang lomba lari trail paling bergengsi di dunia, UTMB World Series 2024.

Kawasan Dieng sebagai lokasi Dieng Detrac Trail Run Series sendiri merupakan destinasi unggulan di Jawa Tengah. Dianggap sebagai miniaturnya Chamonix Prancis, peserta Dieng Detrac Trail Run Series dapat merasakan sensasi berlari di atas awan dengan ketinggian 2.000 mdpl melalui variasi medan dan panorama alam.

Dengan lokasi start dan finish di Taman Syailendra, Dieng Detrac Trail Run Series 2023 melombakan lima kategori yang bisa dipilih oleh para peserta sesuai kemampuan mereka.

Kategori 7K merupakan fun trail yang cocok untuk pemula atau siapa pun yang ingin menjajal trail running. Di rute ini, kamu akan disuguhkan hamparan perkebunan di sekitar Dieng dan permukiman warga.

Untuk jarak menengah, ada kategori 15K yang mengajak peserta untuk melintasi puncak Gunung Prau, turun melalui jalur via Patak Banteng, kemudian melintasi daerah Sikunang dan perkebunan di sekitar Dieng. Ada pula kategori 35K yang juga menuju puncak Gunung Prau, namun setelah itu melewati puncak Pakuwaja dan perkebunan di sekitar Dieng.

Selanjutnya ada kategori 55K yang merupakan kategori jarak ultra. Rute ini akan melewati puncak Prau, puncak Pakuwaja, dan puncak Bismo. Khusus kategori ini, ada COT di Km 32 pukul 12:00 WIB di Desa Mlandi.

Terakhir adalah kategori dengan jarak terjauh, yakni 75K. Rutenya akan melintasi puncak Prau, puncak Sigandul, puncak Pakuwaja, dan puncak Bismo.

Lomba terbuka untuk pria dan wanita berusia minimal 18 tahun pada hari perlombaan, serta dalam keadaan sehat. Untuk kategori 7K dan 15K, tak ada kualifikasi yang diperlukan, namun peserta wajib mempersiapkan diri, baik secara fisik dan mental.

Untuk mengikuti kategori 35K, peserta wajib telah menyelesaikan trail race berjarak minimal 15 km.

Untuk mengikuti kategori 55K, peserta wajib telah menyelesaikan trail race berjarak minimal 25 km atau road race berjarak minimal 21 km.

Untuk mengikuti kategori 75K, peserta wajib telah menyelesaikan trail race berjarak minimal 35 km atau road race berjarak minimal 42 km.

Registrasi melalui detrac.id paling lambat 17 Mei 2023. Biayanya Rp400 ribu untuk kategori 7K, Rp600 ribu untuk kategori 15K, Rp800 ribu untuk kategori 35K, Rp950 ribu untuk kategori 55K, dan Rp1,1 juta untuk kategori 75K. Untuk peserta WNA, tambahkan Rp200 ribu dari harga yang sudah disebutkan sebelumnya.

Info lebih lanjut, kunjungi situs resminya atau akun Instagram @detrac.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here