Pantai Cikadal, Gerbang Masuk Pulau-pulau Eksotis di Teluk Ciletuh

Foto: Instagram @ilham_mantiqi

Sukabumi merupakan salah satu tujuan wisata populer untuk penyuka wisata bahari dengan deretan pantai di pesisir selatan. Bila tujuan utamamu adalah untuk snorkeling, Pantai Cikadal bisa menjadi pilihan untuk liburanmu selanjutnya.

Terletak di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Pantai Cikadal termasuk dalam kawasan Geopark Ciletuh. Untuk mengaksesnya, kamu yang naik motor bisa menuju Pantai Palampang terlebih dahulu, kemudian naik perahu sewaan dari sana menuju Pantai Cikadal.

Foto: Instagram @pickpols

Opsi lainnya, kamu yang membawa kendaraan roda empat bisa langsung menuju ke Pantai Cikadal. Aksesnya melalui jalan utama ke Desa Mandrajaya dengan memutar ke arah belakang.

Medannya berupa jalan kecil dengan rusak di beberapa titik maupun jembatan sempit. Karena akses yang masih kurang baik, belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan tempat ini. Namun hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri karena berarti suasananya lebih sepi ketimbang tempat-tempat populer lain yang lebih mudah diakses.

Menyeberang ke Pulau

Foto: Instagram @cheapsidris

Menyuguhkan hamparan pasir putih, perairan di Pantai Cikadal relatif aman untuk bermain di tepinya ataupun berenang di laut. Ombaknya tergolong kecil karena terhalang oleh pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Selain berenang di Pantai Cikadal, kamu yang ingin snorkeling di spot-spot lain di sekitar pantai ini bisa menyewa perahu milik warga setempat. Mereka dapat merangkap menjadi pemandu untuk mengantarkanmu ke situs-situs penyelaman favorit, seperti Pulau Mandra dan Pulau Kunti.

Foto: Instagram @dendi_jigou

Masing-masing perahu dapat menampung hingga 15 orang, sehingga kamu dapat menyewanya untuk liburan beramai-ramai bersama teman dan keluarga. Bila tak membawa peralatan snorkeling, kamu bisa sekalian meminjamnya di lokasi.

Sepulang island hopping, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya di Pantai Cikadal, seperti menjelajah hutan bakau. Ada jembatan kayu yang dibangun membelah hutan tersebut, sehingga kamu bisa merasakan berjalan di antara rindangnya pepohonan bakau.

Foto: Instagram @rinagstna15_

Biaya masuk Pantai Cikadal gratis, kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir, transportasi, maupun makan selama berwisata di sini. Dari pusat kota Sukabumi, kamu bisa mencapai Pantai Cikadal dengan berkendara sekitar empat jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here