Pesona Pulau Kunti, Luar Biasa Indah dan Jauh dari Kata Seram

Foto: Instagram @tedirachman

Kawasan di sekitar Teluk Ciletuh merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Sukabumi. Deretan pantainya kerap dituju untuk sekadar bermain air, berfoto, atau bersantai sejenak sembari menikmati pemandangan alam di sekitarnya.

Sebut saja Pulau Kunti. Walau namanya mengingatkan akan sosok menyeramkan yang sering muncul di kisah horor, kawasan ini jauh dari kata seram – malah pemandangannya luar biasa memukau.

Foto: Instagram @endangs_addakhil

Walau namanya pulau, destinasi ini sebenarnya masih bagian dari daratan utama Ciletuh. Lokasi persisnya di semenanjung kawasan hutan Suaka Margasatwa Cikepuh. Yang dimaksud pulau adalah deretan batuan melange yang tersingkap ke permukaan, yang akan dilewati pengunjung saat naik kapal menuju Pulau Kunti.

Setibanya di Pulau Kunti, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan hamparan pasir putih dengan sejumlah bebatuan karang yang timbul di baliknya. Deretan pepohonan rindang memenuhi kawasan tersebut. Kalau berjalan lebih jauh, kamu akan menjumpai gua eksotis yang bisa dimasuki untuk berfoto.

Foto: Instagram @azharsuganda17

Sebagai bagian dari Geopark Ciletuh, Pulau Kunti juga menawarkan beragam flora dan fauna. Selagi berkeliling, kamu bisa saja bertemu dengan elang jawa yang bertengger di pepohonan, atau rusa yang sedang berkeliaran bebas. Di hamparan pantainya sendiri bisa dijumpai bambu langka, seperti haru gereng yang punya khasiat obat.

Sudah jauh-jauh datang ke sini, tak mungkin rasanya kalau melewatkan menyelami perairannya bukan? Apalagi kalau perairannya jernih dan menyimpan bawah laut yang menarik, termasuk hamparan terumbu karang dan ikan warna-warni.

Foto: Instagram @pulaukunti

Kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dari nelayan setempat, atau membawa peralatan sendiri dari rumah. Biaya sewanya sekitar Rp50.000. Kelar snorkeling, kamu bisa bersantai dan berpiknik di pantainya yang sepi untuk menanti matahari terbenam, atau berkeliling kawasan tersebut untuk berfoto dengan latar bebatuan yang eksotis.

Untuk mencapai Pulau Kunti, kamu bisa menaiki perahu sewaan dengan durasi sekitar 15-20 menit. Biaya menyeberang sekitar Rp35.000 per orang, tergantung kesepakatan dengan nelayan.

Foto: Instagram @abie_bette

Tempat penyewaannya sendiri bisa dengan mudah dijumpai di dermaga Ciwaru, kawasan yang menjadi pusat kegiatan nelayan. Di sana pula pengunjung bisa menyewa peralatan snorkeling dengan biaya tambahan. Untuk mengaksesnya, kamu bisa berkendara dari pusat kota Sukabumi dengan durasi perjalanan sekitar tiga jam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here