Menggapai Bukit Tebalu, Destinasi Wisata Pendakian di Belitung

Foto: Dok. Google Maps/Rizál

Keindahan wisata bahari Belitung memang sudah tak diragukan lagi. Banyak wisatawan yang rela datang jauh-jauh kemari demi menyaksikan deretan pantainya yang berhiaskan formasi bebatuan eksotis.

Namun tentu saja masih banyak destinasi menarik lainnya yang ada di Belitung. Sejumlah destinasi ini pun terutama cocok untuk kamu para petualang dan pencinta alam.

Foto: Dok. Google Maps/Rizál

Salah satunya yang tak boleh kamu lewatkan adalah Bukit Tebalu. Bukit ini terletak di Desa Terong, Kecamatan Sijuk, sekitar 10 km jauhnya dari Pantai Bukit Berahu. Karena tak jauh dari kawasan pesisir, kamu bisa menikmati pemandangan laut di kejauhan dari puncaknya.

Menuju Puncak

Bukit Tebalu menawarkan puncak yang tak begitu tinggi, sehingga kamu dapat mencapainya dengan berjalan kaki selama sekitar setengah jam. Medannya cukup menantang dengan kemiringan berkisar 50-80 derajat. Namun di sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan pepohonan yang tinggi dan rindang.

Foto: Dok. Google Maps/Ristu Joko Endarto

Sesampainya di puncak, kamu bisa melihat hamparan batu yang luas. Di atas hamparan batu inilah kamu bisa melihat keindahan Desa Terong dan sekitarnya dari ketinggian. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kawasan pesisir hingga pulau-pulau kecil di sekitarnya pun dapat terlihat dari sini.

Selain mendaki, kamu juga bisa berkemah di sini untuk menikmati keindahan malam maupun matahari terbit di pagi hari. Untuk fasilitasnya, saat ini sudah tersedia toilet maupun area parkir. Kamu hanya dikenakan biaya masuk sekitar Rp10 ribu.

Foto: Dok. Google Maps/Pak Cik 1809

Kalau berniat mendaki tanpa berkemah dan ingin mengejar sunrise, sebaiknya sudah tiba di kaki bukit sekitar pukul 04:00 untuk menuju puncak. Sementara yang ingin menikmati sunset, dapat memulai pendakian sekitar pukul 16:30.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here