Menjajal Balap Sepeda di Velodrome Cimahi

Foto: Instagram @dealtonprayogo

Penggemar sepeda memiliki banyak alternatif untuk mengasah kemampuan bersepeda mereka. Selain bike park, mereka juga dapat berlatih sepeda di velodrom.

Dari segi bentuk, fungsi, dan tujuan penggunaannya, velodrom jelas berbeda dengan bike park. Velodrom memiliki lintasan berbentuk oval dengan permukaan halus yang terbuat dari material kayu, semen, atau aspal. Selain itu, arena sepeda ini juga dilengkapi fasilitas penunjang seperti tribun penonton.

Velodrom biasanya digunakan untuk balapan, baik untuk adu kecepatan maupun balap jarak jauh. Kecepatan sepeda di velodrom dapat mencapai lebih dari 60 km per jam karena lintasannya yang dirancang dengan kemiringan curam.

Karena itu, pengendara sepeda di velodrom juga wajib menggunakan sepeda khusus yang dirancang untuk adu cepat, yakni sepeda track. Sepeda tersebut tidak memiliki rem, dan hanya bisa menahan laju pedal untuk menghentikan sepeda.

Foto: Instagram @mulkisalman

Bila tertarik menjajal bersepeda di velodrom, di Indonesia ada beberapa tempat yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah Velodrome Cimahi yang terletak tak jauh dari pusat kota Cimahi.

Sepeda Track dan BMX

Velodrome Cimahi memiliki beberapa jenis lintasan, termasuk lintasan khusus sepeda track yang biasanya digunakan oleh para atlet untuk berlatih. Arena satu ini kerap menjadi tempat diadakannya kejuaraan balap sepeda.

Foto: Instagram @hardland_indonesia

Namun buat para pemula yang belum pernah menjajal adu balap di lintasan semacam ini, tak perlu khawatir. Di Velodrome Cimahi tersedia program pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam bersepeda.

Kemudian, ada pula arena dirt jump yang dirancang apik dengan beragam rintangan. Arena ini terutama ramai dikunjungi oleh para penggemar sepeda BMX karena menawarkan pengalaman bersepeda yang menantang.

Foto: Instagram @ucrittt__

Balita yang bersepeda dengan push bike pun juga bisa berlatih di sana. Sementara anak-anak yang usianya sudah lima tahun ke atas bisa mengikuti latihan sepeda BMX dengan pelatih yang sudah berpengalaman.

Dengan lintasan yang menantang dan fasilitas yang lengkap, Velodrome Cimahi dapat menjadi destinasi sempurna untuk para penggemar olahraga sepeda. Tiket masuknya pun terjangkau dengan akses yang mudah. Dari pusat kota Bandung, kamu bisa mencapainya dengan satu jam berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here