Nikmati Sensasi Serunya Bersepeda Downhill di Jurang Jero Bike Park

Foto: Instagram @sarjono49

Magelang memiliki banyak jalur sepeda menarik yang cocok untuk para petualang dan penyuka kegiatan luar ruang. Selain jalur fotogenik yang melintasi candi-candi bersejarah maupun hamparan persawahan, ada pula rute-rute seru dan menantang yang bisa kamu jumpai di bike park.

Di Jurang Jero Bike Park, misalnya, kamu bisa menjumpai lintasan seru dan menantang untuk downhill. Bahkan bisa dibilang bike park ini menawarkan salah satu trek downhill terbaik di kawasan Magelang dengan akses yang mudah dari Yogyakarta.

Foto: Instagram @kebal.mtb

Lokasi bike park ini sendiri ada di kaki Gunung Merapi, atau tepatnya di Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Dari pusat kota Magelang, jaraknya sekitar 27 km. Sementara dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 33 km. Tak heran bila Jurang Jero Bike Park kerap menjadi destinasi bersepeda untuk warga dari kedua kota tersebut.

Setibanya di depan gapura Taman Nasional Gunung Merapi Jurang Jero, kamu bisa membayar tiket masuk kawasan tersebut. Setelah itu, kamu bisa meneruskan perjalanan ke atas sejauh sekitar 2 km melalui jalan berbatu.

Foto: Instagram @taufiq.2fix

Sesampainya di atas, kamu bisa mulai bersepeda menuruni bukit. Kalau belum pernah kemari, jangan langsung terburu-buru melintasinya sebelum benar-benar mengenali medan.

Perhatikan setiap tikungan, jalan menurun, dan rintangan seperti drop off. Kalau perlu, gunakan jasa marshall. Kemudian, pastikan mengenakan perlengkapan keamanan, termasuk helm, sepatu, serta pelindung siku dan lutut.

Foto: Instagram @hayjeff01

Selain trek downhill, Jurang Jero Bike Park juga menawarkan jalur All Mountain yang tak begitu ekstrem, namun tetap perlu kewaspadaan saat menyusurinya. Terlebih tanah di sini bisa cukup licin saat atau sehabis hujan, selain ada banyak batu kerikil.

Sembari melibas trek yang ada di Jurang Jero Bike Park, kamu juga bisa sekalian menikmati pemandangan alam yang indah di sepanjang jalur. Selain deretan pepohonan tinggi dan rimbun, kamu bisa melihat puncak Merapi dari sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here