Global 6K Water for Sumba, Lari untuk Masa Depan Berkelanjutan

Sumba, sebuah pulau di Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu daerah yang masih menghadapi tantangan dalam mengakses air bersih. Mayoritas masyarakat Sumba masih mengandalkan sumber air yang terbatas dan belum terkelola dengan baik, sehingga memengaruhi kualitas hidup mereka.

Untuk membantu mengatasi masalah ini, Wahana Visi Indonesia mencari enam orang pelari yang siap menjadi relawan untuk kegiatan lari ultramaraton. Tujuannya adalah untuk menggalang dana sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya air bersih dan sanitasi yang baik di Sumba.

Kegiatan lari ultramaraton ini akan berlangsung pada 19-21 Mei 2023 dengan menempuh jarak total sejauh 300 km. Rutenya melintasi tiga kabupaten di Sumba yang memiliki tempat-tempat wisata eksotis, seperti Kampung Adat Ratenggaro, Laguna Waikuri, hingga Bukit Wairinding.

Selain melintasi destinasi menarik selagi berlari, mereka juga dapat melakukan aksi sosial sambil mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya. Beberapa di antaranya adalah Pantai Mangrove Walakiri, Kampung Adat Tarung, hingga Air Terjun Tanggedu.

Jarak tempuh 300 km itu sendiri dapat diselesaikan secara relay, dengan masing-masing pelari menempuh jarak 50 km. Mereka juga dapat berlari penuh sejauh 300 km selama tiga hari. Nantinya saat istirahat, para pelari dapat istirahat dan menginap di rumah warga setempat.

Para pelari yang tertarik menjadi relawan dapat langsung membaca syarat lengkap maupun mendaftarkan diri di wahanavisi.org/volunteer paling lambat 7 April 2023. Bila terpilih sebagai enam pelari yang mengikuti acara ini, peserta tak perlu membayar apa pun, termasuk transportasi dan akomodasi menuju maupun saat di Sumba.

Tak hanya sekadar ajang lari, Global 6K Water for Sumba juga menjadi sebuah gerakan untuk memperjuangkan akses air bersih bagi anak-anak di Sumba. Setiap peserta dapat mengajak followers mereka di media sosial untuk turut mendukung kegiatan lari ini lewat platform fundraising yang disediakan.

Jangan lewatkan pula kegiatan Fun Run di Jakarta pada 21 Mei 2023. Ajak teman, pasangan, keluarga, atau komunitas untuk berjalan santai atau berlari sejauh 6 km saat Car Free Day Jakarta di kawasan Sudirman-Thamrin. Pendaftarannya akan dibuka besok, 31 Maret 2023. Ikuti akun @wahanavisi_id untuk info cara registrasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here