Galeri ROH Hadirkan Pameran Karya Aditya Novali

Foto: Dok. ROH

ROH, galeri seni di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tengah menggelar pameran bertajuk New Obsolescence: ADITYAVOVALI karya Aditya Novali.

Pameran tersebut menjadi pameran tunggal pertama perupa kelahiran Surakarta tersebut di ruang pamer baru ROH di Jalan Surabaya, serta pameran tunggal ketiganya dengan ROH.

Foto: Dok. ROH

Pameran ini berangkat dari video yang terekam pada 17 Juni 1989 dalam kaset Betamax. Saat itu, Novali bersama dua kelompok penampil diundang untuk melakukan pementasan wayang di Istana Negara.

Setiap komponen dalam video tersebut, dari namanya yang salah eja di barisan kredit pembuka, latar tempat video berlangsung, hingga para penonton, menjadi inspirasi bagi Aditya Novali untuk menciptakan karya-karyanya di pameran New Obsolescence: ADITYAVOVALI.

Foto: Dok. ROH

Di Gallery Apple, misalnya, pengunjung bisa melihat dinding yang seluruhnya bercat biru. Pemilihan warna biru ini meniru gangguan pada layar dalam video. Tak hanya itu, warna tersebut mengingatkan akan warna kebaya yang dikenakan oleh tamu wanita di acara tersebut.

Masih di ruangan yang sama, tampak empat layar monitor yang memutar video asli yang terekam dalam kaset Betamax. Video itu diputar secara loop, dengan masing-masing dimulai pada titik waktu yang berbeda.

Foto: Dok. ROH

Beranjak ke Gallery Orange, pengunjung dapat melihat serangkaian lukisan abstrak. Masing-masing lukisan itu menggambarkan beragam aspek yang terjadi dalam pertunjukan wayang pada 17 Juni 1989 di Istana Negara.

Beberapa detail yang bisa terlihat antara lain panggung, lampu gantung, karpet, peta negara, hingga para tamu dan pakaian mereka. Lukisan tersebut seakan-akan menggambarkan kembalinya memori dari pertunjukan yang telah terdistorsi.

Foto: Dok. ROH

Lewat pameran ini, Aditya Novali ingin merekatkan kembali salah satu momen penting dalam kehidupan pribadinya, sembari meninjau ulang peristiwa tersebut dari berbagai sudut pandang.

Pameran New Obsolescence: ADITYAVOVALI karya Aditya Novali berlangsung hingga 7 Mei 2023. Jam operasionalnya adalah Rabu-Jumat pukul 13:00-19:00, serta Sabtu-Minggu pukul 11:00-19:00. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @rohprojects atau situs resminya di rohprojects.net.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here