Berpelesir ke Randayan, Destinasi Short Escape Populer Dekat Pontianak

Foto: Dok. Sitimustiani.com

Deretan pulau mungil nan eksotis di Kalimantan Barat dapat menjadi destinasi sempurna untuk liburanmu selanjutnya. Salah satunya yang bisa kamu sambangi adalah Pulau Randayan yang terletak di Kabupaten Bengkayang.

Seluas 4,5 hektar, pulau ini menyuguhkan pemandangan alam yang menawan. Daratannya dikepung oleh hamparan pasir putih dengan pepohonan rimbun sebagai latarnya. Sementara perairannya yang jernih menampilkan keindahan terumbu karang dan ikan karang warna-warni.

Foto: Instagram @hilda_singkawang

Suasananya sendiri tenang, jauh dari keramaian, sehingga wisatawan yang datang kemari pun dapat mereguk keindahan tersebut sepuasnya tanpa terganggu orang yang berseliweran. Daya tariknya lagi, lokasi pulau ini dapat diakses dengan mudah dari Pontianak maupun kota-kota lain di sekitarnya.

Kamu bisa berkendara menuju Teluk Suak terlebih dahulu, yang sekitar tiga jam perjalanan dari pusat kota Pontianak. Dari situ, kamu bisa menuju dermaga untuk menyewa speedboat. Tarifnya sekitar Rp150 ribu untuk dua arah.

Foto: Instagram @yeyekoresy

Opsi lainnya, kamu bisa naik kapal khusus atau perahu motor dari Pasir Panjang. Biayanya lebih murah, yakni sekitar Rp30 ribu sampai Rp100 ribu untuk dua arah. Namun tentu saja waktu tempuhnya lebih lama karena jarak penyeberangannya yang lebih jauh, selain jenis kapalnya berbeda.

Ragam Aktivitas

Pulau Randayan tadinya merupakan pulau privat, sebelum berubah menjadi destinasi wisata bahari yang terbuka untuk masyarakat umum. Selain menikmati keindahan pantainya, kamu yang beruntung bisa berkesempatan melihat penyu sisik dan penyu hijau yang naik ke daratan untuk bertelur. Musim puncaknya sekitar Desember hingga Maret.

Di pulau ini juga ada sebuah bukit yang tak begitu tinggi. Kamu bisa mendakinya dalam waktu singkat untuk menyaksikan panorama pulau dan sekitarnya dari ketinggian.

Setelah peluh bercucuran, kamu bisa kembali lagi ke bawah untuk bersantai di tepi pantai ataupun di bawah rindangnya gazebo sembari memandang laut lepas yang menenangkan. Suasananya yang sepi membuat suara ombak pun terasa lebih besar. Ditemani angin sepoi-sepoi, jangan kaget bila kamu bisa tertidur lelap saat sedang asyik bersantai di sana.

Kalau ingin menikmati keindahan bawah lautnya, kamu bisa membawa sendiri peralatan menyelammu, atau menyewanya di kios-kios di sekitar pantai. Jangan lupa pula siapkan kamera underwater untuk mengabadikan momen.

Foto: Instagram @kikiomasa

Yang senang memancing juga bisa memuaskan hobi mereka selagi di Pulau Randayan, dengan ikan hasil tangkapan yang bisa dibakar untuk disantap bersama teman dan keluarga. Wah, dijamin kegiatan liburanmu di sana bakal makin berkesan!

Bila ingin menginap di sini, kamu bisa memilih untuk berkemah ataupun bermalam di penginapan yang ada di sana. Biasanya, harga yang ditawarkan pun sudah sepaket dengan makan dan transportasi, sehingga lebih terjangkau.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here