Spot Penyelaman Terbaik di Indonesia untuk Melihat Manta Ray

Snorkeling atau diving bersama manta ray merupakan pengalaman tak terlupakan yang mesti dilakukan setidaknya sekali seumur hidup. Untungnya, di Indonesia ada sejumlah situs yang memungkinkanmu untuk berenang bersama hewan-hewan anggun tersebut.

Berikut ini adalah beberapa destinasi terbaik untuk menyelam bersama manta ray.

1. Manta Point, Nusa Penida

Terletak di selatan Nusa Penida, Manta Point merupakan cleaning station favorit manta ray. Mereka juga senang berenang dekat permukaan, sehingga yang snorkeling pun dapat menyaksikannya dari dekat.

Karena arusnya yang kuat, spot ini lebih direkomendasikan untuk para snorkeler dan diver yang sudah berpengalaman. Selain manta ray, penyelam juga bisa berkesempatan melihat ikan mola-mola antara Juli-Agustus.

2. Manta Ridge, Raja Ampat

Raja Ampat sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi menyelam terbaik di Indonesia dengan beragam biota lautnya. Pari manta juga kerap terlihat di sini, namun kans terbaik untuk menyaksikannya dalam jumlah besar adalah di Manta Ridge. Dalam sekali penyelaman, kamu bisa melihat hingga 30 manta ray.

Terletak di antara Pulau Mansuar dan Arborek, salah satu cleaning station utama manta ray ini memiliki reef slope dengan kedalaman hingga 40 meter. Namun, dari kedalaman 6 meter pun kamu sudah bisa berenang bersama oceanic manta ray dan reef manta ray.

3. Karang Makassar, Kepulauan Komodo

Lokasi penyelaman ini berada jauh di selatan Taman Nasional Komodo. Suhu air di sini bisa cukup dingin karena terbuka langsung ke Samudra Hindia. Selain itu, jarak pandangnya bisa turun hingga beberapa meter karena airnya yang berubah keruh akibat banyaknya plankton.

Namun tentu saja semakin banyak plankton dan semakin keruh airnya, semakin besar pula jumlah manta ray. Selain mencari makan, mereka datang ke sini untuk membersihkan badan dengan dibantu ikan-ikan kecil.

4. Sangalaki

Spot terbaik untuk menyaksikan manta ray di Sangalaki adalah di sisi utara dan timur pulau, yakni di Manta Avenue, Manta Parade, dan Manta Run. Hanya beberapa meter jauhnya dari pantai, kamu bisa melihat manta ray yang biasa mencari makan plankton di pagi hari.

Manta ray dapat disaksikan sepanjang tahun, namun sebisa mungkin hindari menyelam saat musim hujan (November hingga Maret) ketika jarak pandang agak terbatas. Selain melihat kawanan besar manta ray, kamu juga bisa menyaksikan indahnya hamparan terumbu karang, nudibranch warna-warni, hingga beragam jenis ikan yang jarang ditemui, seperti ghost pipefish, scorpionfish, dan masih banyak lagi.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here