Seru! Bermain Kano dan Snorkeling di Pantai Ngandong

Foto: Instagram @mahfudwahyu

Berkunjung ke Yogyakarta, tak lengkap rasanya tanpa ke kawasan Gunungkidul untuk bermain di deretan pantainya yang cantik. Salah satunya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Ngandong yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Lokasinya masih satu kawasan dengan Pantai Sundak, namun dibatasi oleh bukit karang besar di sisi timur pantai.

Pemandangan yang tersaji di pantai ini berupa deretan perahu nelayan di bibir pantai, dengan hamparan pasir putih bersih dan perairan pirus. Di lepas pantai, kamu bisa melihat sejumlah batu karang yang terlihat seperti mengapung bila dilihat dari atas. Hal inilah yang membuat pemandangan pantai ini tampak unik.

Foto: Instagram @soloflossroll

Selain menawarkan panorama alam yang indah, pantai ini juga menawarkan deretan aktivitas, termasuk snorkeling untuk melihat indahnya terumbu karang dan biota laut lainnya. Kalau tak membawa peralatannya tak perlu khawatir, karena di kawasan pantai terdapat penyewaannya.

Satu set peralatan snorkeling ini disewakan mulai Rp50.000. Biaya tersebut sudah termasuk alat snorkel dan masker, jaket pelampung, serta kaki katak.

Kalau snorkeling saja tak cukup, atau ingin melakukan aktivitas seru lainnya, kamu bisa bermain kano. Pantai dengan ombak yang relatif tenang ini terutama cocok untuk pemula yang ingin sekadar mencoba hal yang baru. Biaya sewa peralatan kanonya pun terjangkau, yakni Rp50.000 sepuasnya.

Kelar bermain kano, kamu bisa menanti senja dengan duduk-duduk di hamparan pasir putihnya. Di lokasi juga ada yang menyewakan tikar dan gazebo dengan biaya mulai Rp20.000.

Foto: Instagram @heri_tz

Kalau ingin mengisi perut, kamu bisa bersantap di salah satu warung yang banyak ditemui di sekitar pantai untuk menikmati olahan seafood segar hasil tangkapan nelayan.

Sementara penyuka foto bisa berjalan-jalan di sekitar bukit karangnya yang membatasi pantai ini untuk mencari spot-spot menarik. Opsi lainnya, kamu bisa menaiki puncaknya untuk mengambil foto panorama dari ketinggian.

Foto: Instagram @dwisurti

Biaya masuk Pantai Ngandong Rp10.000 per orang, sudah termasuk biaya masuk ke pantai lain yang ada di sekitarnya. Dari pusat kota Yogyakarta, pantai ini dapat diakses dengan berkendara selama sekitar dua jam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here