Camping di Pantai Karang Paranje, Pemandangannya Mirip Pantai Tanah Lot

Foto: Instagram @iki_andria

Berbicara destinasi wisata di Garut tak akan lengkap tanpa menyebutkan deretan pantai yang ada di pesisir selatan. Selain bisa menginap di akomodasi yang tersedia di sekitarnya, kamu bisa membawa tenda untuk berkemah di sana.

Dari sekian banyak pantai di Garut, salah satu yang bisa kamu jadikan lokasi berkemah adalah Pantai Karang Paranje. Lokasinya di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong, dan dapat ditempuh dengan tiga jam berkendara dari pusat kota Garut.

Foto: Dok. Google Maps/Gita Nurfitri

Daya tarik pantai ini adalah pemandangannya yang mirip Pantai Tanah Lot di Bali, yakni menyuguhkan tebing batu karang besar yang menjorok ke tengah laut dengan bangunan di atasnya. Namun, bangunan tersebut bukanlah pura, melainkan sebuah saung yang digunakan untuk beristirahat.

Kamu bisa menuju saung tersebut untuk menikmati pemandangan di sekitar pantai, dari hamparan pasirnya yang luas, perairannya yang jernih dan kebiruan, hingga deburan ombak yang menghantam karang. Bila ingin mengabadikan keindahannya, datanglah pagi atau sore hari untuk hasil foto yang lebih bagus.

Foto: Instagram @afhatah_99

Karena ombaknya cukup besar, tidak disarankan untuk berenang di sini. Sebagai gantinya, kamu bisa bermain air di tepiannya, atau berjemur dan berpiknik di atas hamparan pasirnya.

Opsi lainnya, kamu bisa berkemah untuk melewatkan malam di pantai ini. Beratapkan langit berbintang, kamu bisa beristirahat ditemani suara deburan ombak yang menenangkan.

Foto: Instagram @egaparlian

Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap, dari toilet umum hingga warung-warung makan sederhana. Namun kalau ingin berkemah, sebaiknya membawa sendiri tenda dan perlengkapannya ya.

Suasana pantainya sendiri terbilang sepi, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, sehingga kamu tak perlu khawatir harus berpapasan dengan banyak orang. Namun tetap patuhi protokol kesehatan ya selagi berada di lokasi.

Foto: Instagram @ayunovitanurfazriy_ahhh

Akses menuju Pantai Karang Paranje sudah bagus dan beraspal. Mendekati lokasi, kamu tinggal mengikuti papan petunjuk jalan hingga sampai ke lokasi pantai. Dari area parkir, kamu tinggal berjalan kaki sebentar melalui jalan setapak hingga tiba di pantai.

Biaya masuk Pantai Karang Paranje sebesar Rp5.000 per orang. Sementara biaya parkirnya Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here