Situs-situs Penyelaman Menawan di Pemuteran, Pernah Diving di Sini?

Berada jauh dari ingar bingar kehidupan malam di selatan Bali, Pemuteran menawarkan suasana yang didambakan pencinta ketenangan maupun penyuka alam. Tak hanya cantik di darat, kawasan ini juga menyuguhkan sejumlah situs penyelaman yang menarik untuk dijelajahi.

Terlebih, banyak di antaranya yang dapat diakses dalam waktu singkat dari deretan resor yang berjejer di pantainya. Setidaknya ada 15 situs penyelaman di sini yang cocok untuk semua level penyelam.

Warna-warni Biota Laut

Salah satunya yang cocok untuk pemula adalah Deep Middle Reef. Dapat diakses dengan naik kapal selama lima menit, situs ini menawarkan hamparan kipas laut dan karang meja yang indah di kedalaman 15 sampai 40 meter.

Di area yang dangkal, terdapat taman karang warna-warni dengan hewan-hewan laut yang bentuknya unik dan tak biasa. Situs ini terutama cocok untuk penyelaman di malam hari.

Selanjutnya, ada Close Encounter yang letaknya sekitar dua km dari pantai. Menyuguhkan perpaduan karang keras dan karang lunak, ikan-ikan yang dijumpai di sini adalah ikan karang yang khas, seperti batfish, sweetlips, emperor fish, dan fusiliers.

Namun, ada kalanya kamu bisa menjumpai spesies menarik lainnya (karena itulah nama situs ini adalah Close Encounter). Bila beruntung, kamu bisa melihat pari elang, hiu karang, dan bahkan hiu paus.

Lain lagi dengan Deep Reef. Dikenal juga dengan sebutan Karang Gede, spot penyelaman ini dapat diakses dengan naik kapal selama 15 menit. Sesuai namanya, bagian atas karang ini berada di kedalaman 15 meter, dan berupa dinding curam yang menurun ke bawah hingga di kedalaman 14 meter.

Di sini, kamu bisa menjumpai beragam koral dan invertebrata yang menakjubkan, termasuk karang meja, leather coral raksasa, dan bunga karang. Selain itu, kamu bisa menjumpai ghost pipefish, belut moray, lobster jongkok, kerang api, nudibranch, dan makhluk kecil dalam jumlah besar.

Situs lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah Biorock, yang juga dapat disaksikan dengan snorkeling. Tanpa harus naik kapal, kamu bisa menuju spot ini yang terletak sekitar 50-100 meter dari garis pantai di kedalaman 7-10 meter.

Ada ratusan stuktur besi yang ditenggelamkan di sini dan telah diselimuti oleh karang dengan berbagai jenis dan ukuran. Bila ingin melihat jelas struktur tersebut beserta berbagai biota laut yang menghuninya, kamu bisa melakukan scuba diving di sini.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here