Pesona Curug Cikaso, Air Terjun Cantik di Sukabumi

Banyak atraksi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi dalam perjalanan menuju Ujung Genteng. Salah satunya adalah Curug Cikaso yang terletak di Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi.

Curug ini disebut-sebut sebagai salah satu air terjun terindah di Sukabumi. Tak heran, selain menyuguhkan air jernih, suasana sekitarnya begitu asri dengan pepohonan rimbun. Saking cantiknya, banyak wisatawan yang menyebut keindahannya bak lukisan.

Untuk mencapai Curug Cikaso ini sendiri membutuhkan perjuangan ekstra karena lokasinya yang cukup jauh dari ibu kota. Belum lagi akses jalannya yang berliku-liku, sehingga disarankan untuk minum obat antimabuk, terutama bagi yang mudah mabuk perjalanan.

Karena curug ini terbilang populer, ada baiknya datang pagi-pagi sekali agar bisa menikmati keindahannya tanpa keramaian wisatawan. Bila datang kepagian, kamu bisa mampir ke warung yang ada di area parkir Curug Cikaso untuk sarapan.

Dua Opsi Perjalanan

Foto: Dok. Google Maps/Seta Sebastian

Ada dua opsi yang bisa kamu pilih untuk menempuh perjalanan menuju Curug Cikaso. Pertama, kamu bisa berjalan kaki dengan jarak sekitar satu kilometer.

Medannya menyusuri jalan setapak yang berbatu dengan suara alam yang sesekali memecah keheningan. Kamu juga akan melewati sawah dan hutan, sebelum akhirnya sampai di Curug Cikaso.

Foto: Dok. Google Maps/Cahyo Wiwoho

Opsi selanjutnya adalah menyusuri sungai dengan naik kapal yang dikelola oleh warga lokal. Di awal perjalanan, warna air sungainya kecokelatan, namun perlahan berubah menjadi hijau saat mendekati curug. Sungainya sendiri masih asri dengan pepohonan rindang di sekitarnya.

Tiga Curahan

Setinggi 80 meter dengan lebar 100 meter, curug ini memiliki tiga curahan air yang masing-masing dinamai Curug Meong, Curug Aki, dan Curug Aseupan. Aliran airnya cukup deras, dan persis di bawahnya terbentuk kolam berwarna kebiruan yang bisa digunakan untuk bermain air.

Kalau datang pagi-pagi, suasananya masih sepi dan curug tersebut serasa milik sendiri. Puas berfoto dan bermain, kamu bisa kembali ke area parkir Curug Cikaso untuk melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

Harga tiket masuk Curug Cikaso adalah Rp5 ribu per orang. Sementara untuk biaya sewa naik kapal seharga Rp65 ribu dengan kapasitas maksimal 10 orang. Biar seru, kamu bisa melakukan trekking di awal perjalanan, kemudian naik kapal sepulangnya dari curug.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here