Camping di Tepi Situ Datar dengan Latar Perkebunan Teh

Foto: Dok. Google Maps/Situ Datar Camp Station

Menikmati liburan di alam terbuka dapat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir penat. Tak perlu jauh-jauh, liburan ini bisa kamu lakukan di lokasi yang tak jauh dari pusat kota. Di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, misalnya, kamu bisa menikmati indahnya hamparan perkebunan teh yang berpadu dengan birunya langit.

Pemandangan ini terutama memukau saat matahari terbit, sehingga tak sedikit yang datang kemari saat subuh untuk menikmati keindahannya. Sementara yang tak mau repot berangkat di pagi buta untuk mengejar sunrise, bisa menginap di kawasan tersebut.

Foto: Instagram @riandianp_

Selain penginapan, camping ground bisa kamu jadikan opsi untuk lokasi bermalam. Tak hanya memungkinkan kamu untuk lebih dekat dengan alam, berkemah memiliki banyak manfaat, seperti memberi keterampilan baru dalam hal mendirikan tenda dan menyalakan api unggun, atau bahkan mengatasi stres dan mendorong kamu agar bisa tidur lebih nyenyak.

Salah satu camping ground yang direkomendasikan adalah Situ Datar Camp Station. Tempat berkemah ini terletak di tepi Situ Datar dengan perkebunan teh yang menjadi latarnya. Meski ukuran danaunya tak seluas Situ Cileunca, Situ Datar memiliki daya tariknya sendiri.

Foto: Dok. Google Maps/Situ Datar Camp Station

Suasananya begitu sejuk dan tenang, sehingga cocok untuk self-healing. Slot yang disediakan untuk berkemah pun terbatas, sehingga tak begitu ramai. Namun karena itu jugalah, kamu mesti reservasi sebelum kedatangan ke pengelola (081999811123, 085724904952, 081282974989) agar tak kehabisan spot, terlebih bila ingin bermalam di sini saat akhir pekan atau hari libur.

Menariknya, karena area camping-nya yang cukup luas, kamu bisa langsung memarkirkan kendaraan di tepi danau, lalu mendirikan tenda di atas atau samping mobil. Di malam hari, kamu bisa menyalakan api unggun dan memasak dengan bahan-bahan yang sudah dibawa sebelumnya, lalu bersantap dan bersantai di bawah langit bertaburkan bintang. Romantis bukan?

Foto: Instagram @eka_hartatik

Kalau tertarik berkemah di sini, kamu mesti membayar tiket masuk sebesar Rp25 ribu per orang dan sewa lokasi Rp25 ribu per tenda. Biaya parkirnya tergantung jenis kendaraan yang dibawa, yakni mobil Rp25 ribu per malam dan motor Rp10 ribu per malam. Kayu bakar juga bisa kamu beli di sini seharga Rp25 ribu per ikat. Fasilitas lainnya termasuk toilet di beberapa titik, saung untuk bersantai, warung, musala, dan colokan listrik.

Selain berkemah, kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di sini adalah berkeliling perkebunan teh dan berfoto. Danaunya juga bisa dimanfaatkan untuk memancing tanpa biaya tambahan, cukup membawa peralatan memancingnya sendiri. Kamu juga bisa berkano dengan biaya sewa kano Rp20 ribu per 30 menit.

Foto: Instagram @endangaddakhil

Karena cuaca yang tak menentu, kamu bisa membawa perlengkapan seperti payung dan jas hujan. Siapkan juga perbekalan sendiri agar tak perlu mengandalkan warung untuk mengisi perut. Selain itu, bawa jaket, pakaian hangat, maupun selimut karena hawanya bisa sangat dingin di malam hari.

Situ Datar Camp Station terletak di Perkebunan Pasirmalang, Desa Margaluyu. Aksesnya cukup mudah, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah dari Google Maps. Dari pusat kota Bandung, durasi perjalanannya sekitar 2-2,5 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

FotoMendekati lokasi, jalurnya berganti menjadi tanah berbatu dengan kondisi cukup rusak di beberapa titik. Karena itu, berhati-hatilah saat berkendara, terutama bila sehabis hujan karena bisa sangat licin. Pastikan juga kendaraan dalam kondisi prima.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here