Akhir Pekan Ini, Yuk Jernihkan Pikiran dengan Jogging di Hutan Cifor

Berlari santai atau jogging di tengah lingkungan yang asri tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda. Ditemani udara sejuk dan semburan sinar matahari pagi yang menyeruak dari sela-sela rimbunnya pepohonan, aktivitas larimu pun bakal lebih menyenangkan. Terlebih, bila lokasinya jauh dari keramaian dan suara bising kendaraan.

Foto: Instagram @armandgultom

Salah satu lokasi yang menawarkan suasana ini adalah kawasan Hutan Cifor di Jalan Raya Cifor, Kelurahan Setu Gede, Kecamatan Bogor Barat, sekitar 2,5 kilometer jauhnya dari Terminal Bubulak. Hutan Cifor sebenarnya merupakan areal hutan penelitian milik Departemen Kehutanan. Seluas sekitar 60 hektar, hutan ini terbuka untuk umum, kecuali untuk beberapa area yang dipagari atau diberi penghalang yang berarti tidak boleh dimasuki.

Foto: Instagram @adhars

Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan di kawasan Hutan Cifor adalah berlari santai, dengan waktu terbaik sekitar pukul 07:00 hingga 09:00 ketika udaranya masih segar. Tak hanya berlari, kamu juga bisa bersepeda ataupun berolahraga lainnya bersama teman atau keluarga, sehingga suasana hutan yang sunyi pun tak akan begitu terasa.

Karena hutan ini begitu luas, kamu tidak mungkin dapat mengelilingi seluruh kawasan ini. Sebagai gantinya, kamu dapat memilih rute-rute yang menarik, seperti di dekat Situ Gede. Lelah berlari, kamu pun dapat beristirahat dan bersantai sembari menikmati keindahan danau buatan yang memiliki luas sekitar lima hektar ini. Selain menyehatkan raga, berolahraga di kawasan ini juga bisa menjernihkan pikiran karena suasananya yang tenang.

Foto: Instagram @herisetiawan_hro

Sebagai hutan yang difungsikan untuk mengembangkan dan meneliti segala hal yang berhubungan tentang kehutanan, kamu tidak diperkenankan untuk merusak hutan, bahkan sekedar memetik ranting pohon pun dilarang. Kamu bisa berolahraga di jalur yang memang sudah disediakan khusus untuk pengunjung yang datang ke hutan ini.

Fasilitas di kawasan Hutan Cifor juga tidak memadai, karena memang hutan ini bukan merupakan destinasi wisata. Oleh karena itu, jika berniat berolahraga di sini, kamu bisa membawa bekal berupa air minum atau makanan sendiri dari rumah. Warung-warung sederhana hanya tersedia di sekitar area Situ Gede saja.

Foto: Instagram @gue_boybangget

Untuk masuk ke Hutan Cifor, kamu tidak akan dipungut biaya alias gratis. Selain itu, kamu bisa memarkirkan kendaraan di area parkir yang sudah tersedia. Akses menuju kawasan ini juga mudah dengan petunjuk arah yang jelas. Untuk memudahkan navigasi, kamu pun dapat mengandalkan Google Maps hingga tiba di lokasi.

Teks: Dionesia Ika | Editor: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here