Gandeng 5 Perupa Bali, Artotel Sanur – Bali Gelar Pameran Bestie

Foto: Instagram @novitawindalia23

Artotel Sanur – Bali kembali menggelar pameran seni terbarunya dengan menggandeng seniman muda Indonesia. Kali ini, giliran lima seniman asli Bali yang kebagian panggung untuk menampilkan karya-karya terbaiknya.

Bertajuk Bestie, lima seniman tersebut adalah I Gede Jaya Putra, I Nyoman Suarnata, I Made Putra Indrawan, I Putu Nova Ruspika Yanto, dan Ngakan Putu Agus Arta Wijaya.

Berlangsung hingga 31 Januari 2023, pameran ini terbuka untuk umum di Artspace Artotel Sanur – Bali. Karena hadir secara luring, pihak penyelenggara menerapkan protokol kesehatan yang ketat agar pengunjung dapat menikmati pameran tersebut dengan aman dan nyaman.

Foto: Instagram @igedejayaputra3008

Tajuk pameran ini sendiri merujuk pada kehadiran teman atau sahabat yang ada di dekat kita, dan selalu meluangkan waktunya untuk berbagi keluh kesah. Uniknya, jalinan hubungan ini bisa menimbulkan pengaruh positif atau negatif, tergantung cara kita menjalaninya.

Hal ini mengingatkan akan konsep kosmologi Bali, yakni Tri Hita Karana, yang menekankan hubungan manusia dengan sesamanya, dengan alam sekitar, maupun dengan Sang Pencipta.

Foto: Instagram @npaaw

Lewat pameran Bestie, lima perupa yang tergabung dalam grup #PK tersebut memvisualisasikan karyanya dengan cara yang berbeda-beda. I Gede Jaya Putra, misalnya, menyoroti rapuhnya manusia dan realitas pertemanan, baik dalam suka maupun duka.

I Nyoman Suarnata menggambarkan hubungan yang tak seimbang, sehingga menyebabkan ketidakharmonisan. I Made Putra Indrawan menampilkan sosok imajiner dari pengalamannya dalam merajut tali kasih.

Foto: Instagram @imadeputraindrawan

Putu Nova Ruspika Yanto menceritakan bagaimana manusia menyembunyikan rasa murkanya dari sosok yang ia kasihi, yang dalam hal ini adalah sahabatnya. Sementara Ngakan Putu Agus Arta Wijaya menggunakan hewan untuk merepresentasikan makna kebersamaan.

“Suatu kehormatan bagi Artotel Sanur – Bali dapat bekerja sama dengan seniman asli Bali,” kata Agus Ade Surya Wirawan selaku General Manager Artotel Sanur – Bali. Pihaknya juga berharap pameran ini dapat menjadi sumber inspirasi maupun hiburan bagi penikmat seni kontemporer maupun tamu Artotel Sanur – Bali.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here