Sibakul Sport Fest, Ajang Lari untuk Bangkitkan UMKM di Yogyakarta

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta (Diskop UKM DIY) akan mengadakan sebuah festival unik yang memadukan unsur olahraga, musik, dan ekonomi. Bertajuk Sibakul Sport Fest, acara ini rencananya akan berlangsung 27 November mendatang di Stadion Kridosono Yogyakarta.

Setidaknya 1.350 peserta akan berlari bersama dalam acara ini untuk melintasi rute melewati destinasi ikonik di Kota Gudeg tersebut. Beberapa di antaranya adalah Tugu Pal Putih, Malioboro, hingga Keraton Yogyakarta.

Setelah finis di Stadion Kridosono, mereka dapat menikmati gelaran musik maupun melihat-lihat puluhan stan UMKM yang tergabung dalam aplikasi SiBakul Jogja.

“Sibakul Sport Fest memadukan ruang berjualan untuk UMKM, olahraga lari dengan jarak 5 dan 10 kilometer, serta hiburan dengan bintang tamu musisi papan atas Indonesia,” jelas Srie Nurkyatsiwi, Kepala Diskop UKM DIY.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan harapannya agar acara ini dapat menarik wisatawan dari berbagai kota di Indonesia. Sambil menonton acara lari yang seru maupun gelaran musik, mereka dapat melihat langsung maupun membeli produk-produk UMKM Yogyakarta.

Keterlibatan UMKM ini tak sebatas dalam membuka stan-stan untuk berjualan, melainkan juga menggunakan produk mereka untuk mendukung kegiatan. Misalnya, medali maupun jersey untuk peserta lari merupakan hasil produk UMKM lokal dengan kualitas yang tak kalah dengan pabrikan.

Untuk acara larinya sendiri, Septiadi Pityanta selaku Koordinator Lapangan Sibakul Sport Fest memastikan rutenya tak akan mengganggu arus lalu lintas. Di setiap ruas ada pembatas, sehingga tidak memenuhi badan jalan.

Dengan membayar Rp50 ribu per orang, para peserta mendapatkan jersey, medali, BIB, asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan, hingga voucer belanja di gerai UMKM. Ia mengklaim biaya pendaftaran tersebut terbilang terjangkau untuk acara olahraga yang berkualitas.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here