Pantai Maluk, Pantai Eksotis nan Tersembunyi di Sumbawa Barat

Sumbawa tak hanya menawarkan jalur pendakian dengan pemandangan yang memukau. Deretan pantainya pun tak kalah menarik dikunjungi dengan keindahan yang bakal membuatmu enggan pulang dan betah berlama-lama di sana.

Salah satu pantainya yang wajib masuk dalam rencana perjalanan adalah Pantai Maluk. Lokasinya ada di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, sekitar 1,5 jam berkendara dari Pelabuhan Poto Tano.

Foto: Dok. Google Maps/John Adamson

Pantai Maluk terkenal dengan hamparan luas pasir putihnya yang lembut. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya, sehingga seringnya pantai tersebut lebih mirip pantai privat dengan hanya segelintir pengunjung yang berkeliaran di sana.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penyuka ketenangan. Kamu bisa bebas berlarian di sini, bermain ayunan, berjemur dan berpiknik, atau bahkan berenang di perairannya yang pirus nan jernih.

Foto: Instagram @yallahtravel

Garis pantainya sendiri panjang, dengan hamparan bukit tinggi di kedua ujungnya, membentuk semacam teluk. Ombaknya yang tenang di tepi pantai membuat tempat ini ideal untuk berenang, snorkeling, atau bahkan berkano.

Sementara ombak besar di tengah lautnya merupakan surga untuk para peselancar. Ombak yang dinamai Super Suck ini memiliki ketinggian sekitar dua meter, yang kemudian pecah di Tanjung Ahmad. Mereka yang bersantai di bibir pantai dapat menyaksikan para peselancar yang beraksi menaklukkan ombak tersebut.

Foto: Dok. Google Maps/Fathiyyatul Khaira

Menjelang matahari terbenam, kamu dapat naik ke puncak bukit yang ada di ujung pantai untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Opsi lainnya, kamu bisa duduk-duduk santai di tepi pantai sambil menanti langit yang berubah warna dari biru menjadi kuning kemerahan, hingga akhirnya gelap.

Fasilitas

Di sekitar Pantai Maluk ada sejumlah warung maupun rumah makan yang menyediakan kudapan maupun menu lokal dan seafood. Kamu yang kelaparan usai beraktivitas dapat mengisi perut di sana ditemani es kelapa muda yang segar.

Foto: Instagram @firmansyahhhhhx

Selain itu, tersedia pula tempat penyewaan kano dan papan selancar, area voli, area bermain anak, tempat bilas, dan toilet. Bila ingin bermalam, tak jauh dari Pantai Maluk ada sejumlah penginapan murah dengan tarif mulai Rp150 ribu per malam.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here