Tour of Kemala Ajak Bersepeda Menjelajahi Keindahan Belitung

Yayasan Kemala Bhayangkari akan menggelar ajang kompetisi sepeda bertaraf internasional, Tour of Kemala. Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan di Belitung pada 17-18 September 2022 untuk memberdayakan UMKM sekaligus mempromosikan pariwisata di kawasan tersebut.

Belitung dipilih sebagai lokasi perdana untuk kegiatan ini karena wilayahnya yang menyuguhkan keindahan alam yang menawan. Tak hanya itu, geopark-nya yang menjadi rumah bagi sejumlah flora dan fauna endemik juga telah diakui UNESCO sebagai kawasan geopark dunia.

“Selain meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional, acara ini bertujuan untuk menarik wisatawan Indonesia maupun dunia ke Belitung yang memiliki potensi wisata luar biasa,” ungkap Winny Agung Budi Maryoto selaku Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari sekaligus Ketua Pelaksana Tour of Kemala dalam siaran pers.

Lebih lanjut, pihaknya memastikan kondisi lingkungan dan keamanan yang mendukung untuk penyelenggaraan Tour of Kemala 2022. Belitung memang memiliki banyak kelebihan, mulai dari menawarkan medan yang menantang untuk rute balap sepeda, selain memiliki kondisi jalan yang tak terlalu ramai. Jumlah peserta pun akan dibatasi hanya 600 orang, sehingga mereka dapat menikmati gowes yang lebih nyaman tanpa banyak berpapasan dengan pengguna jalan lain.

Foto: Dok. Tour of Kemala

Di edisi perdananya ini, Tour of Kemala Belitong 2022 akan menawarkan dua pilihan kategori, yakni Tour 56K dan Race 125K. Kategori Tour 56K dapat diikuti oleh peserta non-profesional yang ingin menikmati bersepeda menjelajahi keindahan destinasi wisata di Belitung. Sementara kategori Race 125K merupakan ajang balap yang ditujukan untuk peserta profesional, baik nasional dan internasional.

Lokasi start maupun finish ada di kafe Tentang Kopi Black Rocks Belitung yang terletak tak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi, atau sekitar 40 menit dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin. Untuk peserta dari luar Belitung disarankan menginap tak jauh dari lokasi dimulainya lomba demi kemudahan akses.

Foto: Dok. Tour of Kemala

Bila tertarik, kamu bisa langsung mendaftarkan diri dengan mengunjungi situs tourofkemala.com, masuk ke menu Registrasi, dan melengkapi data-data yang dibutuhkan. Biaya registrasinya Rp1 juta untuk kategori Tour 56K dan Rp1,75 juta untuk kategori Race 125K. Peserta dengan catatan waktu terbaik di masing-masing kategori, baik pria maupun wanita, berhak memenangkan hadiah berupa uang tunai dengan total nilai ratusan juta rupiah.

Ke depannya, Tour of Kemala diharapkan dapat menjadi agenda kegiatan tahunan dengan dukungan Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI), selain akan didaftarkan ke induk organisasi internasional olahraga sepeda UCI (Union Cycliste Internationale) sebagai bagian dari UCI Grandfondo. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @tourofkemala.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here