Serunya Berlari Lintas Alam di Bukit Widosari

Foto: Dok. Google Maps/Anom Sabrang

Menyuguhkan hamparan perbukitan yang masih alami, Kulon Progo merupakan salah satu destinasi pilihan untuk melakukan aktivitas lari lintas alam dengan bonus pemandangan indah di sepanjang perjalanan maupun di ketinggian. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah Puncak Widosari yang terletak di Dusun Tritis, Ngargosari, Samigaluh.

Berada di ketinggian sekitar 900 mdpl, puncak ini menyuguhkan pemandangan perbukitan hijau di sekitarnya. Di pagi hari, kamu bisa melihat indahnya kabut tipis yang menyelimuti kawasan tersebut. Pemandangan saat senja pun tak kalah menawan dengan keindahan matahari terbenam yang bisa disaksikan ketika cuaca cerah.

Foto: Dok. Google Maps/Dhian Tata

Ketimbang puncak-puncak lainnya, Puncak Widosari memang tak begitu tinggi. Namun pendakian ke atas tak boleh diremehkan karena cukup menguras tenaga. Karena itu, pastikan kondisi tubuh sedang fit sebelum datang kemari. Kalau perlu, bawa pula bekal makanan dan minuman untuk mengembalikan energi yang hilang.

Puncak Widosari sendiri terletak sekitar 40 km jauhnya dari pusat kota Yogyakarta, atau dapat ditempuh dengan berkendara selama sekitar 1,5 jam. Akses menuju lokasi cukup curam dan sempit dengan jalanan berbatu beberapa ratus meter sebelum mencapai tempat parkir.

Untuk mencapai puncaknya, pengelola sudah menyediakan jalur berupa anak-anak tangga yang sudah di-paving, lengkap dengan pengaman berupa tali di kanan kirinya. Ada 200 lebih anak tangga yang mesti kamu lalui, dengan di sepanjang jalan telah disediakan gazebo untuk beristirahat sejenak.

Begitu sampai di puncak, rasa lelah serasa terbayar dengan pemandangan alam yang menawan di sekitarnya. Sembari duduk-duduk di bangku yang disediakan, kamu bisa memandangi panorama tersebut, lengkap dengan latar berupa batu besar ikonik yang menjulang di atas bukit.

Foto: Dok. Google Maps/Arfan Amrullah

Untuk pengalaman yang lebih seru lagi, kamu bisa berlari lintas alam bersama pehobi olahraga lainnya di ajang Kulon Progo Trail Run 2022. Kegiatan ini akan diadakan pada 11 September mendatang dengan titik start dan finish di Bukit Widosari.

Total ada tiga kategori yang dilombakan dalam ajang lari lintas alam ini. Pertama, kategori 5K dengan COT 3 jam dan total elevasi 620 meter yang akan dimulai pukul 09:00. Lalu ada kategori 15K dengan COT 6 jam dan total elevasi 1.200 meter yang akan dimulai pukul 06:30. Terakhir adalah kategori terjauhnya, yakni 30K dengan COT 8 jam dan total elevasi 2.100 meter yang akan dimulai pukul 06:00.

Foto: Instagram @ochachil

Pendaftaran akan dibuka hingga 15 Agustus via kulonprogotrailrunners.com. Biaya registasinya adalah Rp200 ribu untuk 5K, Rp250 ribu untuk 15K, dan Rp300 ribu untuk 30K, sudah termasuk jersey. Info lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @kulonprogo_trailrunners.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here