Pameran Seni di Galnas yang Tak Boleh Dilewatkan Bulan Ini

‘Kawasan Urban Pasar Senen’ karya Bambang Harsono

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu di tengah rutinitas yang padat, salah satunya adalah dengan menikmati karya-karya seni yang dipajang di galeri. Kegiatan ini tak hanya memberikan dampak positif pada otak, namun juga dapat membuat rileks dan mengatasi stres.

Lagipula, kebanyakan galeri membebaskan biaya masuk untuk pengunjungnya, sehingga bertambah lagi sederet alasan untuk memasukkan kunjungan ke galeri di sela-sela kesibukan. Di Jakarta Pusat, misalnya, salah satu lokasi terbaik untuk menikmati karya seni adalah di Galeri Nasional Indonesia, atau yang biasa disingkat Galnas.

Galeri ini tak hanya memiliki ruang-ruang pameran tetap yang menyajikan berbagai koleksi lintas generasi dari para perupa nasional maupun internasional. Galnas juga kerap menggelar pameran temporer yang menarik untuk dikunjungi karena koleksi karya-karyanya yang dikurasi dengan apik, selain hanya bisa dinikmati dalam periode tertentu.

‘Pasar Pemeregan, Bali’ karya Bambang Harsono

Selama bulan Juli, berikut ini sejumlah pameran temporer yang bisa kamu nikmati.

Konsistensi Tarik Garis Bambang Harsono

Dikuratori oleh Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara, pameran yang berlangsung hingga 28 Juli 2022 di Bilik KamiSketsa Galnas ini memajang 15 karya terbaik dari pegiat sketsa sekaligus salah satu peserta KamiSketsa Galnas, Bambang Harsono.

Bermodalkan spidol, sketsa-sketsa yang diciptakan menceritakan suasana keseharian di banyak tempat dan memperlihatkan sejumlah elemen interaktif antara manusia dengan lingkungannya.

Foto: Instagram @hyyunita

Botanical Art: Evoking the Beauty of Science

Bekerja sama dengan Indonesia Society of Botanical Artists (IDSBA), pameran ini memberikan ruang bagi penikmat seni untuk mengagumi keindahan seni lukis botani, selain mendapatkan pengetahuan menarik seputar tetumbuhan dengan detail-detail yang akurat.

Total ada 58 karya seni dan ilustrasi botani dengan subjek tumbuhan asli Indonesia yang dipamerkan, setelah melalui proses seleksi ketat dari sisi seni maupun sains. Bila tertarik menyaksikannya, kamu bisa langsung mengunjungi pameran tersebut di Gedung D Galnas hingga 8 Agustus 2022.

Selain dua pameran di atas, Galeri Nasional Indonesia akan menghadirkan dua pameran lain di bulan Juli ini, yakni Begja yang merupakan pameran tunggal Joko Kisworo, serta Manifesto VIII: Transposisi, pameran seni rupa kontemporer Indonesia. Masing-masing akan dilangsungkan pada 23 Juli dan 27 Juli hingga Agustus mendatang.

 Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here