Jember Ultra Marathon 2022 Lombakan Kategori Road Running dan Trail Running

Pemerintah Kabupaten Jember tengah menyiapkan sejumlah acara besar berskala internasional. Selain Jember Fashion Carnaval yang namanya sudah tak asing lagi kalangan penikmat seni dan budaya maupun pemburu foto, ada pula Jember Ultra Marathon yang dijadwalkan berlangsung pada 20-21 Agustus 2022.

Jember Ultra Marathon merupakan salah satu seri dari kejuaraan Asia Trail Master. Pertama kali digelar pada 2015, kejuaraan ini ditunda selama dua tahun karena pandemi Covid-19. Dengan digelarnya event itu di Jember, diharapkan perekonomian di kawasan tersebut akan semakin meningkat.

Jember sendiri dipilih sebagai lokasi ajang lari bergengsi ini karena wilayahnya menyimpan kekayaan alam yang beragam. Dari pantai, perbukitan, hingga pegunungan, semua ada di sini.

Nantinya dalam Jember Ultra Marathon akan ada dua rute yang ditempuh dalam satu hari, yakni road running maupun trail running sekaligus. Road running akan berpusat di Alun-alun Kota Jember dengan melewati sejumlah landmark yang ada di kota Jember. Sementara trail running akan mengajak peserta menjelajahi beberapa atraksi wisata yang terletak di lereng tenggara Gunung Argopuro.

Total ada lima kategori untuk road running, serta satu kategori untuk trail running. Kategori road running pada 20 Agustus melibatkan pelari muda dan terbagi menjadi 1K untuk anak usia 5-8 tahun, serta 5K untuk anak usia 9-12 tahun. Kemudian di hari selanjutnya, ada kategori 10K, 21K, dan 42K dengan titik start maupun finis di Alun-alun Kota Jember.

Sementara untuk trail running, total jarak tempuhnya mencapai 70 km dengan batas waktu untuk menyelesaikannya adalah 14 jam. Titik start dimulai dari kawasan wisata Rembangan di kaki Gunung Argopuro, kemudian finis di Alun-alun Kota Jember.

Saat ini, pendaftaran sudah dibuka dan akan ditutup pada 28 Juli 2022. Registrasi secara daring via jembermarathon.com. Biaya pendaftarannya adalah Rp75 ribu untuk Kids Run 1K dan Rp100 ribu untuk Kids Run 5K. Kemudian Rp350 ribu untuk 10k, 465 ribu untuk 21K, Rp650 ribu untuk 42K, dan Rp850 ribu untuk 70K.

Biaya tersebut sudah termasuk T-shirt, goodie bag, nomor BIB, e-sertifikat, finisher medal, finisher shirt khusus pelari 42K dan 70K, serta refreshment selama acara berlangsung. Info lebih lanjut, hubungi WhatsApp 085230300222.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here