Pendakian Seru ke Puncak Gunung Pundak, Tak Sampai 3 Jam!

Foto: Instagram @babangvandy

Gunung Pundak yang menawarkan medan pendakian ringan dengan waktu tempuh singkat merupakan destinasi yang cocok untuk melewatkan liburan bagi pendaki pemula. Setinggi 1.585 mdpl, lokasi gunung ini ada di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Dari pusat kota Mojokerto, kamu bisa mencapainya sekitar satu jam berkendara via Jalan Raya Gondang. Sesampainya, kamu bisa memarkirkan kendaraan dan melakukan registrasi di pos perizinan, sebelum melakukan pendakian.

Foto: Instagram @faujiirauf

Pemandangan alam yang memanjakan mata akan siap menemani sepanjang perjalanan. Akses dari base camp menuju pos pertama pun terbilang landai dengan jalan setapak dan pepohonan hijau di tepinya. Tak jauh, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di pos pertama.

Menuju pos selanjutnya, medannya mulai menanjak, tapi tak terlalu curam. Wilayahnya sudah berupa kawasan hutan dengan jalur yang masih relatif aman. Namun tetaplah waspada saat musim hujan karena jalannya bisa cukup licin.

Foto: Instagram @nurhadi_id

Tak perlu khawatir tersesat pula karena banyak penunjuk jalan yang terpasang. Sumber air jernih pun tersedia untuk pendaki yang kehabisan air minum. Waktu tempuh sekitar 30 menit sebelum tiba di pos ketiga.

Dari sini, medannya akan lebih berat dengan tanjakan yang cukup terjal dan bebatuan besar di sepanjang perjalanan. Waktu tempuh untuk mencapai pos ketiga ini juga lebih lama, yakni mencapai satu jam.

Foto: Instagram @anandaavinoo

Sesampainya, kamu bisa beristirahat dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak. Jalur menuju puncak cukup terjal, namun mendekati puncak jalurnya berubah menjadi landai dengan hamparan sabana.

Mendekati puncak, kamu bisa melihat tenda-tenda pendaki yang sudah berjejer. Kawasan puncak ini memang kerap dimanfaatkan untuk berkemah, terutama bagi pendaki yang ingin melewatkan malam yang syahdu di gunung maupun menyaksikan matahari terbit keesokan paginya.

Foto: Instagram @rachman.ah

Pemandangan dari puncak Gunung Puncak ini memang menawan, dengan beberapa gunung yang ada di sekelilingnya, dari Welirang dengan kepulan asap belerangnya, hingga Penanggungan dengan puncaknya yang berbentuk kerucut.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here