Pameran Seni ‘Homo Hipokrikuts’ Hadirkan Karya Unik dalam Berbagai Medium

Foto: Instagram @denny_apri

Pelukis memiliki caranya sendiri untuk mengekspresikan ide-ide artistik mereka. Salah satunya adalah dengan menggunakan medium seperti cat dan kanvas untuk menciptakan sebuah karya, atau bahkan menggunakan medium unik lainnya untuk sebuah eksplorasi.

Sebut saja akar wangi yang digunakan seniman Denny Apriyanto untuk sejumlah karyanya di pameran ‘Homo Hipokrikuts’. Seperti namanya, tumbuhan sejenis rumput ini memiliki aroma yang khas, sehingga kerap digunakan untuk bahan pembuatan parfum hingga perawatan tubuh.

Foto: Instagram @denny_apri

Namun di tangan Denny Apriyanto, akar wangi ia gunakan sebagai medium untuk melukis. Alasannya, akar wangi yang juga biasanya menjadi alas meja makan ini kerap menguarkan aroma saat terkena tetesan air. Dari situlah ia mulai mencari tahu dan melakukan eksperimen dengan akar wangi, sebelum memutuskan untuk menggunakannya sebagai medium lukisannya.

Menariknya, Denny Apriyanto tak hanya menggunakan akar wangi sebagai medium untuk pameran ‘Homo Hipokrikuts’. Ada pula medium lain, seperti kertas, kanvas, hingga panel plywood yang ia rangkai menjadi satu kesatuan seperti buku besar, lengkap dengan tiap panel yang disusun menyerupai lembar halaman.

Foto: Instagram @denny_apri

‘Homo Hipokrikuts’ sendiri merupakan respons sang perupa tentang pengaruh teknologi yang menciptakan kepura-puraan pada manusia. Dalam bahasa Latin, homo berarti manusia, dan hipokrit artinya munafik atau orang yang suka berpura-pura.

Menurutnya, sikap hipokrit ini secara tak langsung menutupi sifat asli manusia. Hanya demi jumlah like dan comment di media sosial, seseorang dapat menampilkan sesuatu yang tampak indah, meski nyatanya bisa jadi tak demikian di kehidupan nyata.

Foto: Instagram @denny_apri

Secara tak langsung, karya-karyanya merupakan bentuk keresahan yang ia rasakan sebagai bagian dari masyarakat. Banyak yang memilih untuk menutupi sisi buruk dan berpura-pura baik demi berbagai alasan, seperti mendapatkan teman dan menunjang karir.

Pameran tunggal kolaborasi Denny Apriyanto sebagai perupa dengan Artotel Gajahmada Semarang sebagai penyedia ruang akan berlangsung hingga 3 Agustus mendatang. Mereka yang tertarik bisa langsung datang ke Artspace yang terletak di area lobi hotel dan menikmati pameran tersebut secara gratis. Info lebih lanjut, hubungi (024) 8640 5777 atau kunjungi akun Instagram @artotalgajahmadasemarang.

 Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here