Dekat Batam, Pulau Tunjuk Cocok untuk Menyepi dari Keramaian

Foto: Instagram @asadsaputra

Batam telah lama terkenal dengan berbagai pusat belanja bebas beanya. Namun yang belum banyak wisatawan tahu adalah bahwa kawasan yang dikelilingi deretan pulau menawan ini pun menawarkan liburan berkesan bagi para penyuka laut.

Salah satunya yang dapat dengan mudah diakses dari Batam adalah Pulau Tunjuk. Letaknya di seberang Pulau Subang Mas dan dapat diakses dengan naik kapal dari Pelabuhan Telaga Punggur selama sekitar setengah jam. Pelabuhan itu sendiri bisa dicapai dari Bandara Hang Nadim selama 25 menit.

Foto: Instagram @fazizan_anwar

Biaya sewa kapal berkisar Rp500-800 ribu, tergantung jumlah orang dan negosiasi dengan pemilik kapal. Kalau tak mau repot mencari kapal sewaan lagi, kamu bisa menggunakan jasa operator tur setempat.

Seluas 15 hektar, pulau mungil ini menawarkan hamparan pasir putih dengan perairan berombak tenang yang cocok untuk bermain air, berenang, ataupun snorkeling. Tak sedikit pula yang memanfaatkan perairan di sekitar pulau ini untuk berkano maupun bermain jet ski.

Foto: Instagram @rahaps_

Di area pantai tersedia gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai atau menitipkan barang bawaan. Tak hanya itu, ada pula ayunan yang cocok untuk menjadi spot foto dengan latar pemandangan alam sekitarnya.

Selepas bermain air, sempatkan mampir ke menara yang ada di Pulau Tunjuk. Setinggi enam lantai, kamu bisa menaiki tangga hingga menuju puncaknya untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Sorenya, kamu bisa kembali ke Batam sambil ditemani indahnya matahari terbenam.

Foto: Instagram @wiekjacob27

Opsi lainnya, kamu bisa membawa perlengkapan berkemah maupun perbekalan untuk camping di sini. Biasanya yang berniat bermalam di sini adalah orang-orang yang ingin menyaksikan pesona matahari terbit ataupun menikmati malam yang romantis sambil menyalakan api unggun.

Fasilitas di sini memang belum begitu lengkap, karena itu sebaiknya membawa sendiri bekal sebelum berangkat kemari. Kalau ingin berpiknik di sini, pastikan untuk membawa pulang sampahnya dan jangan mengotori lingkungan agar kawasan pantainya tetap bersih.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here