Lava Flow, Situs Penyelaman Favorit di Banda Neira

Terletak terpencil di Laut Banda, sekitar 140 km di selatan Pulau Seram, Kepulauan Banda merupakan surga bagi para penggemar aktivitas selam. Menawarkan jarak pandang yang sangat baik dan kehidupan laut yang melimpah, perairan di kepulauan ini merupakan rumah bagi ikan mandarin yang warna-warni, belut moray yang eksotis, hiu sirip hitam, dan masih banyak lagi.

Lava Flow merupakan salah satu situs menyelam terbaiknya. Sesuai namanya, situs selam ini terbentuk akibat letusan Gunung Api pada 1988. Saat itu, aliran lavanya mengalir melalui lereng utara gunung berapi tersebut menuju Laut Banda, menghancurkan ekosistem terumbu karang yang ada.

Selang beberapa waktu, lahar tersebut mendingin dan membentuk terumbu karang baru. Karena abu vulkanik yang subur, karang di sini kemudian tumbuh subur dan melimpah. Saking suburnya, ukuran dan kondisi formasi karang tersebut bisa dibilang mencengangkan. Beragam jenis karang itu kini menjadi rumah bagi berbagai spesies ikan dan makhluk laut lainnya.

Di bagian yang dangkal, kamu bakal dibuat terkagum-kagum dengan beragam jenis karang keras, seperti karang meja, bottlebrush coral, dan Warty coral. Di sinilah para snorkeler dapat menikmati keindahan karang dalam ukuran besar sembari menyaksikan ikan warna-warni.

Sementara para penyelam bisa menjelajahi perairan tersebut hingga di kedalaman 30 meter. Gerombolan fusilier, greensnout parrotfish, clown triggerfish, dan sotong adalah pemandangan yang umum dijumpai di sini. Ada pula lili laut yang bertengger di terumbu karang, dengan anthias dan damselfish yang hilir mudik di sekitarnya.

Di bagian yang lebih dalam, penyelam mungkin menemukan Napoleon wrasse yang besar, sekumpulan batfish dan, selama kondisi upwelling yang membawa air yang kaya akan plankton, pelagis kemungkinan besar akan berkunjung. Beberapa di antaranya yang bisa dijumpai adalah Mobula rays, dogtooth tuna, dan bluefin trevally.

Untuk mengunjungi situs penyelaman Lava Flow, kamu bisa menyewa perahu dari Banda Neira dengan perjalanan sekitar 30 menit. Kisaran biaya untuk snorkeling mulai Rp200 ribu per orang, sementara untuk diving mulai Rp600 ribu per orang.

Bila ingin menyelam, pastikan memiliki sertifikasi yang valid dan melakukan persiapan yang diperlukan sebelum memulai petualangan bawah laut di Lava Flow. Kalau tak punya lisensi dan ingin menyelam, kamu bisa menjajal discover scuba. Kedalamannya nanti akan disesuaikan, selain akan ditemani pemandu khusus saat menyelam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here