Tak Cuma Wisata Kuliner, Ini Pantai Terindah di Makassar

Merupakan salah satu destinasi kuliner terbaik di Indonesia, Makassar sebenarnya juga menyimpan pantai-pantai cantik yang menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa di antaranya yang sayang untuk dilewatkan.

  • Pantai Losari

Tak banyak kota di Indonesia yang memiliki ruang publik yang menjadi landmark kota, namun Anjungan Pantai Losari adalah salah satunya. Bergeser sedikit dari lokasi aslinya, setelah direvitalisasi, bulevar tepi pantai ini tak kalah dengan tempat-tempat serupa di berbagai kota besar dunia, sebut saja Fisherman’s Wharf di San Francisco atau The Beach Road di tepi Pantai Bondi, Sydney.

Selain tempat untuk berkumpulnya warga, di sinilah juga tempat bagi turis untuk mengetahui suku-suku yang ada di Sulawesi Selatan, yaitu Makassar, Bugis, Toraja, dan Mandar yang diwujudkan dalam tulisan dengan font-font hias yang dapat dijadikan sebagai latar melakukan swafoto. Setiap pagi di akhir pekan, tempat ini digunakan warga untuk berolahraga, namun saat terbaik berkunjung ke sini adalah di sore hari menjelang matahari terbenam.

Selain karena sudah tidak terlalu panas, di sinilah salah satu titik terbaik untuk menyaksikan pemandangan langit yang berganti warna, dari kuning keemasan, menjadi oranye menyala, merah muda berkilauan, ungu, sebelum kemudian biru gelap dan akhirnya hitam pekat. Setelah malam benar-benar merambat dan menyelimuti kota, berjalanlah ke seberang anjungan ini untuk mengudap pisang epe’ dan segelas saraba hangat.

Update terkait Covid-19: Setelah tutup sejak pertengahan Maret guna meminimalkan risiko penularan corona, Pemerintah Kota Makassar akan segera membuka kembali Anjungan Pantai Losari untuk umum dengan menerapkan beberapa aturan baru, baik dari segi jam operasional yang lebih pendek, serta menyediakan sarana dan prasana sesuai protokol kesehatan yang ketat.

  • Pantai Akkarena

Sebagai kota pesisir, untuk menikmati suasana pantai, Makassar menyediakan alternatif selain Pantai Losari. Pantai Akkarena di pesisir barat Makassar menawarkan pemandangan dan suasana yang dapat dipadankan dengan Pantai Kuta di Bali.

Merupakan pantai untuk menikmati pemandangan matahari terbenam sehingga saat terbaik untuk mengunjunginya di sore hari, kelebihan pantai ini dibandingkan Pantai Losari adalah di Akkarena terdapat area untuk berenang maupun berjalan-jalan di pasir yang hangat. Dengan hiasan huruf-huruf khas landmark Makassar, tempat ini pun tak kalah menarik untuk dijadikan latar berfoto. Tak sulit pula menemukan kedai makanan di sini, karena cukup banyak pedagang yang menjajakan makanan di sekitar pantai.

Update terkait Covid-19: Saat ini Pantai Akkarena telah kembali beroperasi dengan menerapkan sederet protokol kesehatan, termasuk melakukan pengecekan suhu tubuh pengunjung, menyemprotkan disinfektan pada fasilitas yang tersedia, serta membatasi jam operasional, yakni mulai pukul 06:00 hingga 18:00 WITA.

Teks: Melinda Yuliani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here